Sakit Maag Bukan Alasan Untuk Tidak Puasa! 5 Tips Ini Bakal Bikin Ibadah Puasa Anda Lancar Jaya

115

Bulan suci penuh berkah sudah datang kembali, jutaan umat Muslim di seluruh dunia menyambut bulan suci ini dengan suka cita. Semua umat Muslim tentu berharap dapat menjalankan puasa dengan baik.

Salah satu masalah yang sering kali dikhawatirkan kebanyakan orang adalah masalah sakit maag. Karena tidak ingin gejala sakit maag tiba-tiba menyerang. Orang yang memiliki sakit maag memang disarankan untuk makan dalam jumlah sedikit tapi sering, Maag adalah kondisi dimana kadar asam lambung berlebihan sehingga mengganggu mekanisme perlindungan dari saluran cerna.

Saat terjadi keluhan memang rasanya tidak nyaman, nah agar Anda yang memiliki sakit maag tetap bisa menjalankan ibadan puasa. Dibawah ini akan diulas.

Berikut adalah tips untuk Anda yang punya sakit maag dan tetap ingin berpuasa:

1.      Hindari beberapa makanan tertentu

Untuk Anda yang memiliki sakit maag maka ada beberapa makanan tertentu yang harus Anda hindari yaitu:

  • Makanan yang pedas, karena makanan pedas lebih mudah mengiritasi lambung
  • Makanan dan buah-buahan yang mengandung asam seperti lemon, jeruk nipis, anggur dan jeruk
  • Minuman yang mengandung kafein seperti kopi yang mengiritasi lambung dan membuat tubuh menjadi dehidrasi karena sifatnya yang diuretik.

2.      Pilih makanan yang tepat

Selalu perhatikan gizi makanan yang Anda makan harus mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. Sebaiknya Anda konsumsi karbohidrat yang lambat cerna, sehingga makanan tersebut akan dicerna dalam waktu lebih lama, Anda akan lapar lebih lama sehingga Anda merasa lebih berenergi sepanjang hari. Anda bisa mencoba beras merah, perbanyak makan sayur dan hindari daging berlemak.

3.      Siapkan obat maag Anda

Jangan lupa untuk menyiapkan obat maag Anda seperti antasida, proton pump inhibitor, H2 antagonis. Minum obat secara teratur saat sahur dan berbuka. Bila dosisnya 2×1 maka minum saat sahur dan berbuka. Bila dosis 3×1 maka minum saat sahur, saat berbuka puasa dan malam sebelum tidur.

4.      Harus Sahur dan Berbuka tepat waktu

Jangan pernah menunda waktu berbuka puasa, karena membuat lambung Anda semakin lama kosongnya. Pastikan saat berbuka Anda makan secara perlahan, karena makan terlalu cepat juga bisa merangsang produksi asam lambung sehingga muncul sakit maag Anda. Begitu juga saat Anda sahur, jangan bangun terlalu siang dan mendekati waktu Imsak yang membuat Anda makan menjadi terburu-buru.

5.      Hindari tidur setelah makan sahur atau berbuka

Jangan biasakan untuk tidur lagi setelah sahur karena tidur sehabis makan akan menyebabkan asam lambung yang naik keatas (refluks asam) dan hal ini akan membuat perih dari bagian tenggorokan sampai lambung.

Selain mengikuti tips diatas, ada baiknya Anda juga tidak merokok. Karena kandungan di dalam rokok dapat memperparah maag Anda. Jadi tidak ada salahnya bila Anda di bulan suci ini juga mulai belajar untuk berhenti merokok.

Selamat menjalankan ibadah puasa.

 

Sumber: medindia