Sakit Maag, Dapatkah Tetap Berpuasa?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi, Tanpa Antri

533

Memasuki Bulan Suci Ramadhan kita harus mempersiapkan diri, baik dalam hal keimanan maupun fisik. Banyak orang yang kita temui tidak berpuasa dengan alasan “Saya punya sakit maag”, padahal seperti yang telah kita ketahui puasa adalah wajib hukumnya untuk umat muslim.

Benarkah orang dengan sakit maag tidak bisa berpuasa? Sebenarnya apa sih sakit maag itu?

“Sakit maag” atau yang disebut dengan gangguan asam lambung sebenarnya adalah sebuah gejala yang timbul akibat asam lambung yang berlebih di dalam lambung, sehingga dinding lambung menjadi ter-iritasi atau meradang. Gejala tersering biasanya sakit perut dibagian ulu hati, kembung, sering bersendawa, muntah dan kadang dapat terjadi diare. Secara umum, sakit maag dibagi menjadi 2 kelompok besar, yaitu sakit maag fungsional dan sakit maag organik. Disebut fungsional apabila tidak ada kelainan yang ditemukan saat pemeriksaan endoskopi, sedangkan disebut organik apabila ditemukan kelainan.

Sakit Maag identik dengan pola makan yang tidak teratur, konsumsi makanan yang bisa meningkatkan asam lambung, dan juga stress. Oleh sebab itu pengaturan pola makan yang baik akan membantu penyembuhan sakit maag ini. Banyak ahli yang berpendapat bahwa puasa diperbolehkan untuk penderta sakit maag fungsional. Akan tetapi, tetap dianjurkan untuk berkonsultasi pada dokter telebih dahulu sebelum berpuasa. Beriut beberapa tips agar tetap sehat saat berpuasa :

  • Pada saat sahur, pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks agar tubuh mencernanya dengan lambat yang bertujuan agar terasa kenyang lebih lama.
  • Pada saat berbuka, jangan langsung mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak, mulailah mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil.
  • Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang tinggi serat.
  • Minumlah air putih yang banyak, sesuaikan dengan aktivitas.
  • Hindarilah makanan dan minuman yang mengandung gas serta makanan yang berlemak.
  • Tidur setelah sahur juga harus dihindari karena tidur setelah makan akan meningkatkan sekresi asam lambung.

Mencegah selalu lebih baik dari pada mengobati. Perbaikilah pola makan Anda dari sekarang agar terhindar dari sakit maag dan dapat berpuasa pada bulan Ramadhan nanti. Selamat berpuasa! (EDS/CM)

Sumber :

  1. Farastya P. 7 Tips puasa sehat untuk penderita maag. https://medicalogy.com/blog/7-tips-puasa-sehat-untuk-penderita-maag/
  2. Indrianingsih E. 2013. Utamakan serat saat puasa. Media Inhealth. Edisi XXVIII Juli 2013

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store