Sayangi Ginjal Anda Sebelum Terlambat! Lakukan 4 Cara Ini Untuk Membantu Menjaganya

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi, Tanpa Antri

256

Penyakit ginjal bukanlah sebuah lelucon, orang yang mengalami gangguan pada ginjal semakin meningkat. Menurut seorang dokter ahli ginjal mengatakan bahwa ada 400.000 pasien dari 1 juta orang yang harus menjalani pengobatan akibat adanya gangguan pada ginjal.

Penyakit ginjal paling sering dikaitkan dengan penderita diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan mereka yang berusia lebih dari 60 tahun. Riwayat keluarga yang memiliki penyakit ginjal juga bisa membuat Anda berisiko. Obesitas, penyakit autoimun, infeksi saluran kencing dan infeksi lainnya juga berkontribusi terhadap risiko penyakit ginjal.

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Selain makan dengan benar dan mengendalikan berat badan Anda, Anda bisa melakukan langkah sederhana lainnya untuk menjaga kesehatan ginjal Anda, termasuk memantau tekanan darah, kadar kolesterol dan kadar glukosa darah Anda, kontrol ke dokter minimal setahun sekali, berolahraga secara teratur, tidak merokok dan mencari tahu apakah ada riwayat keluarga yang memiliki penyakit ginjal yang membuat Anda harus lebih sadar kesehatan.

Batu ginjal bisa berkembang saat mineral terbentuk di urin Anda. Namun, mengonsumsi makanan yang kaya buah dan sayuran, dan makanan rendah garam atau oksalat kaya dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Selain itu, banyak minum air sepanjang hari, terutama jika Anda sering berolahraga, penting untuk kesehatan ginjal.

  1. Cairan Yang Cukup

Tetap terhidrasi diperlukan untuk pencegahan dan pengobatan. Menjaga urin Anda encer sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal Anda. Air adalah pilihan terbaik, tapi Anda juga bisa minum jus buah, jahe atau teh. Jika urin Anda berwarna terang setelah Anda pergi ke kamar mandi, Anda mendapatkan cukup cairan. Juga usahakan batasi minuman berkafein satu sampai dua cangkir sehari karena justru bisa membuat Anda mengalami dehidrasi.

  1. Konsumsi Buah-buahan dan Sayur-sayuran

Buah dan sayuran memperbaiki fungsi ginjal Anda. Buah seperti itu termasuk anggur, cranberry dan bluberi. Sayuran termasuk bawang merah, seledri, bit, bayam, kacang panjang dan asparagus. Jika Anda menderita penyakit ginjal, pastikan buah dan sayuran yang Anda makan rendah kalium.

Karena ginjal yang mengatur kadar kalium, penting bagi Anda untuk memantau asupan kalium Anda. Jika kadar kalium Anda terlalu tinggi, Anda mungkin mengalami risiko yang lebih besar terkena stroke atau serangan jantung. Beberapa contoh makanan rendah kalium termasuk apel, kacang-kacangan, jagung, nasi, mie, pasta, terong, kue tanpa kacang atau coklat, pir, kacang polong, paprika.

  1. Konsumsi Makanan Kaya Zat Besi

Jika Anda didiagnosis menderita penyakit ginjal kronis, tubuh Anda mungkin kekurangan zat besi. Ginjal berperan dalam produksi sel darah merah, namun tanpa ginjal yang berfungsi dengan baik, jumlah sel darah merah Anda bisa menurun, dan mempengaruhi tingkat energi Anda. Mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti sayuran berdaun hijau dan telur dapat membantu Anda meningkatkan asupan zat besi Anda.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store