Secangkir Cokelat Hangat Cegah Penurunan Daya Ingat, Benarkah?

119

Apakah Anda merupakan seorang penggemar coklat? Tahukah Anda bahwa mengkonsumsi segelas cokelat hangat di pagi hari ternyata dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda?

Selain dapat memberikan energi tambahan, kandungan antioksidan yang tinggi di dalam cokelat juga dapat menangkal efek radikal bebas yang dapat merusak sel-sel di dalam tubuh dan mencegah terjadinya penyakit jantung.

Cokelat juga mengandung flavonoid yang dapat membantu mengurangi proses peradangan di dalam tubuh serta mencegah terjadinya resistensi insulin, sehingga dapat membantu menurunkan resiko terjadinya diabetes tipe 2.

Baru-baru ini, sebuah penelitian yang dilakukan di Columbia University Medical Center menemukan bahwa cokelat ternyata dapat membantu mencegah terjadinya demensia alias pikun. Para peneliti menduga hal ini dikarenakan cokelat dapat meningkatkan aliran darah ke bagian otak tertentu.

Pada penelitian ini, para peneliti menemukan bahwa flavonoid yang ada di dalam cokelat dapat mencegah terjadinya penurunan daya ingat yang berhubungan dengan usia.

Para peneliti menemukan bahwa para peserta penelitian yang diberikan flavonoid dosis tinggi memiliki daya ingat yang lebih baik dibandingkan dengan peserta penelitian lain yang hanya diberikan flavonoid dosis rendah.

 

Sumber: infosehat