Sedang Capek? Jangan Lakukan Hal Ini…

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi, Tanpa Antri

307

Saat Anda merasa sangat lelah dan mengantuk, tentu saja bukan ide yang bagus untuk mengemudi kendaraan bermotor atau mengoperasikan suatu mesin. Akan tetapi, ternyata ada banyak hal lainnya yang juga tidak boleh Anda lakukan lho di saat sedang lelah. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa hal tak terduga yang ternyata tidak boleh dilakukan di saat Anda sedang merasa lelah.

Berolahraga Dengan Sekuat Tenaga

Berolahraga dengan sekuat tenaga saat Anda merasa lelah merupakan hal yang membuang-buang waktu Anda jika hal tersebut tidak membuat Anda memiliki energi untuk menjalankan rutinitas harian Anda.

Sebaiknya, fokuslah pada olahraga kardio ringan seperti berjalan kaki dan bersepeda. Jika Anda ingin melakukan olahraga angkat beban, jangan lakukan secara manual. Pilihlah mesin angkat beban yang dapat membantu melindungi Anda dari terjadinya cedera.

Selain itu, Anda pun lebih beresiko mengalami cedera atau kram otot bila Anda berolahraga saat merasa lelah, terutama pinggang dan punggung Anda. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan saat Anda merasa lelah, maka Anda pun lebih sulit memfokuskan perhatian Anda pada olahraga yang Anda lakukan.

Mengkonsumsi Minuman Berkafein Dalam Jumlah Berlebihan

Mengkonsumsi kopi di sepanjang hari mungkin tampak seperti jalan terbaik untuk mendapatkan energi Anda kembali. Akan tetapi, hal ini justru akan membuat Anda merasa lebih lelah dan lebih lesu setelah efek kafein habis. Walaupun demikian, otak Anda tetap mengetahui “kehadiran” kafein di dalam tubuh Anda, yang akan mengganggu tidur nyenyak Anda di malam hari.

Oleh karena itu, dianjurkan agar tidak mengkonsumsi minuman berkafein setelah pukul 1 siang. Bila Anda membutuhkan sesuatu untuk mengurangi rasa kantuk dan lelah, kunyahlah permen karet dengan rasa peppermint. Hal ini dikarenakan peppermint dapat menstimulasi sel-sel saraf di dalam otak Anda yang berfungsi untuk membuat Anda tetap terjaga dan waspada.

Bertengkar Dengan Pasangan Anda

Saat Anda merasa lelah, perdebatan kecil dapat segera meningkat menjadi sebuah pertengkaran hebat. Kurang tidur akan membuat Anda lebih sulit mengendalikan emosi Anda. Selain itu, Anda pun akan lebih sulit membaca ekspresi wajah pasangan Anda saat Anda merasa lelah, artinya Anda akan lebih sering salah paham dengan maksud pasangan Anda.

Tidur Siang

Tidur siang memang merupakan ide yang baik, akan tetapi hanya bila Anda dapat tidur siang dengan segera. Tidur siang yang terlalu lama atau terlambat dapat membuat Anda lebih sulit tidur di malam hari, yang akhirnya akan membuat Anda tetap merasa lelah di keesokkan hari. Waktu tidur siang yang paling tepat adalah selama 20-30 menit dan lakukanlah sepagi mungkin.

Mengkonsumsi Makanan Siap Saji (Junk Food)

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur akan membuat otak Anda menginginkan makanan berlemak dan tinggi kalori. Hal ini dikarenakan bagian otak yang berfungsi untuk mengendalikan pengambilan keputusan menjadi “buta” dan bagian otak yang berhubungan dengan hasrat justru menjadi lebih aktif. Keadaan ini akan membuat Anda lebih sulit menolak keinginan untuk mengkonsumsi junk food.

Saat Anda merasa lelah, tubuh Anda akan mencari suatu cara untuk menstimulasi pelepasan dopamin. Dengan demikian, otak Anda pun akan mendapatkan apa yang ia inginkan dan Anda pun akan merasa lebih bahagia.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Upssala University, orang yang merasa lelah akan berbelanja lebih banyak dan lebih memilih makanan tinggi kalori untuk dibeli, dibandingkan dengan saat mereka tidak merasa lelah.

Mengerjakan Tugas Penting di Kantor

Jika memungkinkan, tundalah segala tugas dan pembicaraan penting hingga Anda merasa lebih baik. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Duke University Medical Center, orang dewasa yang kurang tidur akan melihat lebih banyak hal positif dan lebih jarang melihat hal negatif yang mungkin akan terjadi. Hal ini berarti keputusan yang Anda buat saat merasa lelah mungkin tidak akan terlihat bagus saat Anda telah beristirahat dan segar. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan kinerja Anda, tidur yang cukup sangatlah penting.

Mengubah Jadwal Tidur Anda

Saat Anda merasa lelah, Anda mungkin akan merasa sangat tergoda untuk tidur lebih awal atau menekan tombol snooze berulang kali. Akan tetapi, tahanlah keinginan tersebut sebisa mungkin. Hal ini dikarenakan perubahan jadwal tidur justru akan membuat Anda merasa kelelahan dan membuat tidur Anda tidak terlalu nyenyak.

Jadi, bila otak Anda belum siap untuk tidur dan Anda mencoba untuk tidur, maka hal ini justru akan membuat Anda lebih sulit untuk tertidur. Jadwal tidur yang teratur sangatlah penting. Hal ini dikarenakan perubahan selama 30 menit selama lebih dari 2 hari saja dapat mengubah jadwal tidur Anda secara keseluruhan, artinya akan membuat tubuh Anda ingin tidur lebih malam dan bangun lebih siang. Oleh karena itu, cobalah untuk tetap tidur selama 7-8 jam setiap malam, walaupun Anda sedang merasa sangat lelah.

Menilai Betapa Lelahnya Diri Anda

Kurang tidur akan membuat Anda lebih sulit menilai seberapa lelahnya diri Anda. Anda mungkin akan bekerja melebihi kemampuan Anda karena merasa bahwa Anda baik-baik saja. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang tidak tidur justru tidak merasa terlalu lelah tetapi lebih sering melakukan kesalahan saat diminta untuk melakukan sesuatu. Oleh karena itu, jangan coba menilai seberapa lelahnya diri Anda. Intinya adalah Anda merasa lelah. Jadi, akan lebih baik bila Anda menunda membuat suatu keputusan penting hingga Anda dapat berpikir dengan jernih.


Install Aplikasi Pakdok, Google Play Android Click Pakdok