Seks Pada Saat Menopause

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

244

Menjelang menopause, organ reproduksi wanita yang bernama indung telur mulai mengalami penurunan fungsi. Kondisi ini berakibat pada berkurangnya jumlah sel telur dan hormon kewanitaan, seperti estrogen, yang diproduksi oleh indung telur. Fungsi hormon kewanitaan juga berkaitan dengan bentuk tubuh, payudara, rambut tubuh, kekuatan tulang, siklus menstruasi, dan kehamilan.

Ada beberapa wanita yang sudah mengalami menopause mengatakan bahwa mereka punya dorongan seksual yang lebih baik. Hal ini mungkin karena tidak ada lagi rasa takut akan hamil. Selain itu, pengaruh usia juga berbeda pada tiap individu. Ada beberapa wanita mengalami penurunan drastis dalam hasrat seksual yang dimulai pada usia tergolong masih muda, dan dari beberapa laporan ada juga orang yang justru merasakan peningkatan minat pada seks ketika memasuki usia paruh baya.

Menopause bukan menjadi penghalang Anda untuk menikmati kebersamaan dengan pasangan. Mungkin berhubungan seks saat ini rasanya agak berbeda, namun masih bisa Anda lakukan dan nikmati. Lagipula, berhubungan seks merupakan salah satu cara untuk membuat hubungan Anda dengan pasangan menjadi makin harmonis, bukan? Berikut adalah tips yang dapat Anda dan pasangan lakukan jika Anda telah memasuki masa menopause:

  1. Jangan pernah merasa malu

Pada masa menopause terjadi banyak perubahan pada tubuh seorang wanita. Hal ini mungkin dapat mebuat Anda merasa malu saat berhubungan seks. Namun, jangan malu karena malu hanya akan membuat pasangan Anda tidak nyaman dengan Anda saat beruhubngan seks. Berikanlah pengertian pada pasangan Anda bahwa ada yang sedikit berubah pada diri Anda saat menopause, pasangan Anda pasti akan mengerti.

  1. Menggunakan pelumas

Pada saat menopause, kondisi vagina akan mengering. Anda akan memerlukan pelumas saat berhubngan seks untuk mengatasi rasa sakit. Gunakan pelumas setiap aktivitas seksual. Selain itu Anda perlu juga menghindari mencuci daerah vagina dengan sabun. Sabun dapat membuat vagina menjadi kering. Jika ingin membersihkan daerah vagina Anda hanya perlu mencucinya dengan air hangat.

  1. Jalani gaya hidup sehat setelah menopause

Makan makanan bergizi, menjaga berat badan yang sehat, tidak merokok, dan berolahraga secara teratur dapat meningkatkan mood dan kesegaran. Hal ini mampu secara langsung mempengaruhi dorongan seksual Anda.

  1. Melakukan senam kegel

Senam kegel adalah gerakan yang ditujukan untuk mengencangkan otot panggul bawah. Aktivitas ini bermanfaat mengencangkan otot-otot di bawah rahim, kantong kemih, dan usus besar.

Jika Anda memiliki gejala-gejala menopause seperti kekeringan vagina, hot flashes alias munculnya perasaan panas yang bisa datang tiba-tiba pada bagian wajah, leher dan dada, atau hasrat seksual menurun, tanyakan kepada dokter Anda tentang perawatan atau perubahan gaya hidup yang dapat membantu meringankan gejala-gejala tersebut.otot Anda selama seks dan meningkatkan intensitas orgasme Anda. (EDA)

Sumber:


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store