Seks Setelah Kehamilan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

75

Setelah bayi lahir, seberapa cepat saya bisa berhubungan seks?

Meskipun tidak ada waktu tunggu yang dibutuhkan sebelum Anda dapat melakukan hubungan seks lagi, banyak praktisi kesehatan menyarankan menunggu untuk melakukan hubungan seks lagi sampai empat hingga enam minggu setelah melahirkan, terlepas dari metode apa seorang ibu melahirkan. Waktu jeda tersebut akan memberi waktu pada tubuh ibu untuk normal kembali. Karena seorang ibu pasca melahirkan mungkin mengalami kelelahan, kekeringan vagina, rasa sakit, dan hasrat seksual yang rendah. Jika ibu mengalami robekan vagina yang mendapatkan penanganan, mungkin perlu untuk menunggu lebih lama.

Apakah akan terasa sakit?

Perubahan hormonal bisa membuat vagina kering dan lembut, terutama jika Anda sedang menyusui. Seorang ibu mungkin akan mengalami rasa sakit saat berhubungan seks jika sedang masa penyembuhan dari tindakan seperti episiotomi atau robekan perineum (antara vagina dan anus, yang dilakukan oleh tenaga medis agar tidak terjadi komplikasi pascamelahirkan seperti ketidakmampuan menahan kencing dan BAB).

Apakah akan terjadi perubahan tubuh?

Kehamilan dengan persalinan pervaginam dapat meregangkan atau melukai otot-otot dasar panggul yang mendukung rahim, kandung kemih, usus kecil, dan rektum.

Bagaimana penanganannya?

Seks setelah kehamilan membutuhkan metode pengendalian pascakelahiran yang baik. Dokter mungkin akan menyarankan menunggu setidaknya 18 hingga 24 bulan sebelum mencoba kehamilan berikutnya. Hal ini dilakukan agar bayi Anda dapat mendapat ASI eksklusif yang cukup hingga usia 2 tahun. Selain itu, penundaan kehamilan selanjutnya hingga 18-24 bulan setelah melahirkan digunakan untuk memastikan bahwa organ tubuh sudah kembali pulih seperti semula, sehingga risiko perdarahan, keguguran, dan komplikasi kehamilan lain dapat diminimalisir.

Mencegah kehamilan terlalu dini setelah melahirkan dapat dilakukan dengan menunda hubungan seksual ataupun penggunaan KB pascasalin. Sehingga, jika Anda ingin berhubungan seksual dengan suami Anda, Anda dapat memilih dan menggunakan KB pascasalin yang sesuai dengan Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir akan terjadinya kehamilan terlalu dini pascamelahirkan.

Bagaimana jika tidak tertarik dengan seks?

Ada lebih banyak keintiman daripada seks, terutama ketika ibu menyesuaikan diri dengan kehidupan dengan bayi baru. Jika Anda tidak merasa gairah seks atau takut seks akan terasa sakit, bicarakan dengan pasangan. Sampai siap berhubungan seks, pertahankan keintiman dengan cara lain. Habiskan waktu bersama tanpa bayi, meskipun hanya beberapa menit di pagi hari dan setelah bayi tidur. Carilah cara lain untuk mengungkapkan kasih sayang.

Waspada terhadap tanda dan gejala depresi pascamelahirkan – seperti perubahan suasana hati yang parah, kehilangan nafsu makan, kelelahan luar biasa dan kurangnya perasaan bahagia dalam hidup. Jika Anda berpikir Anda mungkin mengalami depresi pascamelahirkan, segera konsultasikan dengan dokter Anda. (LM/STE)

Referensi

Sex after pregnancy: Set your own timeline. (2018). Retrieved from https://www. mayoclinic.org/healthy-lifestyle/labor-and-delivery/in-depth/sex-after-pregnancy/ art-20045669


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store