Senam Ibu Hamil, Ini Manfaatnya!

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

222

Kehamilan memang sering membuat tubuh menjadi cepat lelah sehingga membuat kamu ingin terus berbaring santai baik di sofa maupun tempat tidur. Namun perlu diketahui, tidak bergerak aktif di masa hamil justru malah membuat tubuh menjadi tidak bugar dan akan mempersulit proses persalinan. Tentu Anda tidak ingin itu terjadi bukan?

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran dan meningkatkan kekuatan otot tubuh untuk proses persalinan adalah dengan secara rutin melakukan olahraga. Olahraga apa yang baik untuk ibu hamil? Pasti Anda was was untuk berolahraga karena takut memilih olahraga yang terlalu berat dan tidak cocok untuk ibu hamil bukan?

Tenang! Salah satu olahraga yang relatif aman dilakukan dan bisa dilakukan sebagian besar ibu hamil adalah senam hamil. Senam hamil bisa memberikan manfaat nyata bagi ibu selama kehamilan maupun setelah melahirkan. Apa saja manfaat senam hamil? Simak penjelasannya di bawah ini!

  1. Mengurangi stres dan meningkatkan mood

Senam hamil yang dilakukan ibu hamil bisa merilekskan ibu hamil. Baik pikiran maupun raga ibu hamil. Ibu hamil yang sering melakukan senam akan lebih tenang saat menghadapi persalinan. Tidak hanya itu saja, relaksasi dalam gerakan senam bisa membuat ibu hamil tidur nyenyak. Selain itu, sebuah penelitian menemukan bahwa olahraga dapat meningkatkan kadar serotonin, zat kimia otak yang berhubungan dengan suasana hati. Serotonin membuat Anda lebih bahagia dan bersemangat. Hal ini tentunya sangat baik buat kandungan Anda pula.

  1. Menghindarkan ibu hamil dari kegemukan

Gerakan senam hamil, ibu akan dilatih berbagai macam gerakan dan latihan. Salah satu manfaat latihan senam bagi ibu hamil adalah untuk menghindarkan dari kegemukan. Ibu hamil memang wajar jika mengalami kenaikan berat badan, akan tetapi kenaikan berat badan pada ibu hamil harus sesuai kebutuhan janin. Mengapa demikian? Karena kenaikan berat badan berlebihan atau obesitas pada ibu hamil akan menyusahkan ibu hamil saat persalinan.

  1. Memperkuat otot dan melancarkan proses persalinan

senam secara teratur selama kehamilan dapat memperkuat otot, sehingga tubuh bisa pulih lebih cepat setelah melahirkan karena otot sudah biasa dilatih. Selain itu, Senam hamil bisa melancarkan persalinan karena saat senam, ibu hamil akan melatih otot yang bermanfaat untuk melancarkan persalinan misalnya saja otot panggul dan otot paha.

  1. Melatih pernafasan

Pada saat melakukan senam hamil, ibu akan diajarkan untuk melatih pernafasan. Pelatihan pernafasan sangat diperlukan saat ibu hamil menghadapi proses persalinan. Saat akan menghadapi persalinan, ibu hamil harus pintar-pintar mengatur nafas. Pernafasan yang diajarkan saat senam adalah pernafasan hidung, perut, dan juga dada. Ketiga jenis pernafasan itu bermanfaat untuk persalinan.

Bagaimana? Apakah Anda berminat untuk mencoba senam ibu hamil? Semoga kehamilan Anda selalu dalam keadaan baik! (RA/STE/CM)

Daftar Pustaka

https:/hellosehat.com/kehamilan/kandungan/7-manfaat-senam-hamil/


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store