Senam Kaki Untuk Penderita Diabetes

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

37

Diabetes mellitus merupakan penyakit sillent killer yang ditandai dengan peningkatan kadar kadar gula darah dan kegagalan produksi hormon insulin atau penggunaan hormon insulin dalam metabolisme yang tidak adekuat. Hormon insulin digunakan untuk memasukkan gula dalam darah,  hasil pencernaan makanan, ke dalam sel untuk digunakan sebagai energi atau disimpan sebagai cadangan makanan dalam tubuh.

Berdasarkan data yang didapat dari Perkumpulan Endokrinologi (PERKENI) menyatakan bahwa jumlah penderita diabetes di Indonesia telah mencapai 9,1 juta orang, serta Indonesia menduduki peringkat ke – 5 teratas diantara negara-negara dengan jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia.

Salah satu komplikasi penyakit diabetes mellitus yang sering dijumpai adalah kaki diabetik (diabetic foot), yang mempunyai tanda dan gejala seperti adanya perlukaan, infeksi serta adanya nanah berbau busuk. Ada dua tindakan dalam prinsip dasar pengelolaan diabetic foot yaitu tindakan pencegahan dan tindakan rehabilitasi. Untuk tindakan pencegahannya sendiri yang bisa kita lakukan secara mandiri meliputi perawatan kaki, penggunaan sepatu atau alas kaki yang nyaman, dan senam kaki.

Senam kaki diabetes adalah suatu kegiatan atau latihan yang dilakukan oleh pasien diabetes mellitus untuk mencegah terjadinya luka dan membantu melancarkan peredaran darah bagian kaki. Tujuan dan manfaat melakukan senam kaki antara lain:

  1. Memperbaiki sirkulasi darah.
  2. Memperkuat otot-otot kecil.
  3. Mencegah terjadinya kelainan bentuk kaki.
  4. Meningkatkan kekuatan otot betis dan paha.
  5. Mengatasi keterbatasan gerak.

Langkah – langkah senam diabetes

  1. Dengan tumit yang diletakkan di lantai, gerakan jari-jari kaki ke atas dan kebawah, ulangi sebanyak 2 set x 10 repetisi.
  2. Angkat telapak kaki kiri ke atas dengan bertumpu dengan tumit, lakukan gerakan memutar keluar dengan pergerakan pada telapak kaki sebanyak 2 set x 10 repetisi, lakukan gerakan bergantian pada kaki yang
  3. Angkat kaki sejajar, gerakan kaki ke depan dan kebelakang sebanyak 2 set x 10 repitisi.
  4. Angkat kaki sejajar gerakan telapak kaki ke depan dan ke belakang sebanyak 2 set x 10 repetisi
  5. Selanjutnya luruskan salah satu kaki dan angkat. Lalu putar kaki pada pergelangan kaki, lakukan gerakan seperti menulis di udara dengan kaki dari angka 0 hingga 10 dilakukan secara bergantian.
  6. Letakkan selembar koran dilantai. Kemudian bentuk kertas koran tersebut menjadi seperti bola dengan kedua belah kaki.
  7. Lalu buka kembali bola tersebut menjadi lembaran seperti semula menggunakan kedua belah kaki. Gerakan ini dilakukan hanya sekali saja.
  8. Kemudian robek koran menjadi 2 bagian, lalu pisahkan kedua bagian koran tersebut. Sebagian koran di sobek – sobek menjadi kecil – kecil dengan kedua kaki.
  9. Kemudian pindahkan kumpulan sobekan – sobekan tersebut dengan kedua kaki lalu letakkan sobekkan kertas pada bagian kertas yang utuh tadi. Lalu bungkus semua sobekan – sobekan tadi dengan kedua kaki kanan dan kiri menjadi bentuk bo

Demikian senam kaki diabetic, selamat mencoba semoga bermanfaat. (EDA)

Sumber:

  • Ruben G, Rottie JV, Karundeng MY., Pengaruh Senam Kaki Diabetes Terhadap Perubahan Kadar Gula Darah Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Wilayah Kerja Puskesmas Enemawira. eJournal Keperawatan (sKP) Volume 4 Nomor 1, 2016
  • Latihan Senam Kaki Untuk Penderita Diabetes Melitus. Available at : http://rscahyakawaluyan.com/blog/2017/04/senam-kaki-untuk-penderita-diabetes

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store