Sepuluh Tips untuk Berhenti Merokok

67

Kebanyakan orang sekarang sadar bahwa merokok adalah penyebab utama kematian dini dan penyakit seperti kanker, penyakit jantung, stroke, dan penyakit paru-paru. Karena alasan ini, banyak orang ingin berhenti.

Namun, terlepas dari risiko kesehatan yang terlibat, satu dari lima orang dewasa masih ada yang merokok secara teratur. Alasan utama untuk hal ini adalah bahwa nikotin bersifat adiktif dan mengubah kebiasaan itu sulit.

Penelitian menunjukkan bahwa, untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan pendekatan yang tepat, adalah mungkin untuk menghentikan rutinitas yang tidak sehat dan menghentikan kebiasaan itu untuk selamanya.

Berikut adalah sepuluh metode paling efektif yang digunakan untuk berhenti merokok dan terus berhenti.

  1. Terapi penggantian nikotin (NRT)

Nikotin dalam rokok bersifat adiktif, itulah sebabnya orang tidak dapat berhenti walaupun mereka mencoba berhenti. Terapi penggantian nikotin (NRT) menyediakan nikotin tingkat rendah tanpa bahan kimia beracun lainnya dalam asap tembakau.

Terapi ini membantu meringankan beberapa gejala adiktif nikotin, seperti mengidam yang hebat, mual, kesemutan tangan dan kaki, susah tidur, perubahan suasana hati, dan kesulitan berkonsentrasi. NRT tersedia sebagai:

  1. Gum
  2. Patch
  3. Semprotan
  4. Inhaler
  5. Tablet hisap

Patch dapat dibeli di apotek tanpa resep dokter. Patch bertindak dengan perlahan melepaskan nikotin yang diserap ke dalam tubuh melalui kulit. Selama 8-12 minggu, jumlah nikotin yang terpapar pada tubuh akan berkurang secara bertahap dengan beralih ke tambalan dosis rendah sampai tidak lagi diperlukan. Beberapa orang memakai patch setiap saat dengan dosis nikotin yang stabil selama 24 jam, sementara yang lain melepas patch mereka di malam hari. Untuh hal ini diskusikan opsi mana yang tepat untuk anda dengan dokter anda.

Obat inhaler, permen karet, tablet hisap, dan semprotan bekerja dengan cepat, tetapi efeknya hanya bertahan untuk waktu yang singkat.

  1. Varenicline

Varenicline (Champix) bekerja dengan memicu pelepasan dopamin. Dopamin adalah senyawa kimia yang membantu mengendalikan pusat kesenangan otak. Merokok meningkatkan kadar bahan kimia perasaan-enak ini dalam tubuh secara buatan. Jadi, ketika perokok berhenti, mereka sering mengalami depresi dan kecemasan sampai tingkat produksi dopamin alami mereka pulih.

Varenicline membantu mengatasi kadar dopamin rendah dan mengurangi beberapa gejala yang disebabkan oleh penghentian nikotin. Pada saat yang sama, obat ini menghambat efek nikotin yang memuaskan jika orang tersebut kambuh dan merokok. Karena itu, varenicline juga bermanfaat untuk mengurangi efek penguat nikotin.

  1. Bupropion

Bupropion (Zyban) adalah antidepresan, yang juga ditemukan dapat membantu orang berhenti merokok. Seperti varenicline, bupropion mengurangi kekurangan dopamin yang dialami saat penghentian nikotin, olehnya bupropion dapat mengurangi iritabilitas dan kesulitan dalam berkonsentrasi terkait dengan berhenti merokok.

Bupropion mungkin sangat berguna bagi mereka yang peduli tentang potensi kenaikan berat badan saat berhenti merokok karena bupropion telah terbukti mengurangi nafsu makan dan kecenderungan untuk makan berlebihan.

  1. E-cigarette (Rokok Elektronik)

Rokok elektronik adalah perangkat elektronik yang memungkinkan penghirupan nikotin dalam uap tanpa produk sampingan tembakau berbahaya lainnya, seperti tar dan karbon monoksida.

Penelitian baru menunjukkan bahwa rokok elektronik dapat membantu berhenti merokok karena orang secara bertahap dapat mengurangi kandungan nikotin dari e-liquid dengan cara yang mirip dengan NRT. Namun, ada beberapa kontroversi dalam literatur tentang pendekatan penghentian merokok menggunakan terapi ini.

  1. Allen Carr’s Easyway

Allen Carr’s Easyway merupakan buku mengenai cara berhenti merokok dengan membantu perokok memahami kesalahpahaman umum tentang mengapa mereka merokok dan membantu mereka mengatasi ketakutan yang membuat mereka tetap merokok. Banyak orang telah berhasil berhenti merokok menggunakan Allen Carr’s Easyway. Studi ini menunjukkan bahwa perokok yang mengikuti metode Allen Carr enam kali lebih mungkin untuk tidak merokok setelah 13 bulan.

  1. Lobelia

Ada bukti anekdotal yang menunjukkan bahwa lobelia (juga disebut tembakau India) dapat membantu orang untuk berhenti merokok. Lobeline, bahan aktif dalam tanaman lobelia, diperkirakan bekerja dengan mengikat ke lokasi reseptor yang sama di otak seperti nikotin, menyebabkan pelepasan dopamin, sehingga membantu dengan perubahan suasana hati dan keinginan yang terjadi ketika berhenti merokok.

Lobelia mungkin juga efektif dalam membantu membersihkan lendir yang berlebih dari saluran pernapasan, termasuk tenggorokan, paru-paru, dan tabung bronkial yang sering dialami perokok saat berhenti, namun diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan apakah ini akurat.

  1. Vitamin B dan C

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa perokok pada umumnya memiliki konsentrasi vitamin B dan kadar vitamin C yang lebih rendah dibandingkan dengan yang bukan perokok. Perokok sering menyebut stres sebagai salah satu pemicu yang meningkatkan hasrat merokok. Vitamin B dikenal sebagai vitamin “anti-stres” dan mereka dapat membantu menyeimbangkan suasana hati.

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi paru-paru dari stres oksidatif yang disebabkan oleh asap rokok. Jadi suplemen dengan vitamin ini dapat membantu ketika berhenti merokok unakan aplikasi untuk melacak kebiasaan.

  1. Gunakan aplikasi untuk melacak kebiasaan

Kebiasaan seperti merokok dipicu sebagai respons terhadap isyarat tertentu. Penelitian telah menunjukkan bahwa pengulangan tindakan sederhana dalam pengaturan tertentu mengarah pada tindakan yang diaktifkan dalam pengaturan yang sama; misalnya, secara otomatis merokok dengan kopi di pagi hari.

Tetapi kebiasaan sehat dapat dibentuk dengan mengulangi tindakan sehat secara konsisten dalam konteks yang sama, dan ada berbagai aplikasi gratis online yang dapat membantu melacak kemajuan tersebut

Aplikasi ini dapat membantu melacak konsumsi rokok dan isyarat keinginan nikotin; informasi ini kemudian dapat digunakan untuk merencanakan kapan dan di mana untuk memperkuat kebiasaan sehat baru menggantikan kebiasaan lama yang tidak sehat.

  1. Buat daftar

Bagi perokok yang berencana berhenti merokok maka buat daftar untuk tetap termotivasi dapat membantu ketika masa-masa sulit. Alasan tersebut dapat meliputi:

  1. Meningkatkan kesehatan secara keseluruhan
  2. Memberi contoh yang baik untuk anak-anak.
  3. Terlihat lebih baik dan berbau lebih baik.
  4. Mengambil kendali dan menjadi bebas dari kecanduan.

Dengan meninjau daftar setiap hari, terutama di saat-saat sulit, dapat melatih pikiran untuk fokus pada aspek positif dari tujuan mereka dan memperkuat keinginan untuk berhenti.

  1. Berlatih Tai Chi

Sebuah studi dalam Journal of Addiction and Therapy menyarankan bahwa berlatih Tai Chi tiga kali seminggu adalah cara yang efektif untuk membantu orang “berhenti merokok atau mengurangi kebiasaan mereka.” Manfaat tambahan dari Tai Chi adalah meningkatkan tekanan darah dan mengurangi stres. Latihan pikiran-tubuh seperti yoga, meditasi, dan Tai Chi menawarkan pilihan pengobatan alternatif bebas narkoba bagi mereka yang berusaha berhenti. (LM)

Referensi

PhD, C., & Timothy J. Legg, C. (2019). How to give up smoking: 10 tips. Retrieved from https://medicalnewstoday.com/articles/241302.php

Slideshow: 13 Best Quit-Smoking Tips Ever. (2019). Retrieved from https://web md.com/smoking-cessation/ss/slideshow-13-best-quit-smoking-tips-ever


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store