Sering Berhubungan Seks Turunkan Resiko Terjadinya Kanker Prostat, Benarkah?

139

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa berhubungan seks dengan lebih dari 20 orang wanita dapat menurunkan resiko terjadinya kanker prostat pada pria hingga 28%. Sebaliknya, pria yang berhubungan seks dengan lebih dari 20 orang pria memiliki resiko yang lebih tinggi, hingga 2 kali lipat, untuk menderita kanker prostat dibandingkan dengan pria yang tidak pernah berhubungan seks dengan pria lain.

Pada penelitian yang dilakukan di Kanada, para peneliti melakukan survei pada 3.208 orang pria yang berusia antara tahun 2005-2009. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berhubungan seks dapat melindungi pria dari kanker prostat dan semakin sering berhubungan seks, maka semakin rendah resiko seorang pria untuk menderita kanker prostat.

Para peneliti menduga hal ini mungkin dikarenakan sering berhubungan seks berarti juga sering berejakulasi, yang terbukti cukup efektif untuk melindungi seorang pria dari kanker prostat. Hal ini dikarenakan berhubungan seks dapat menurunkan konsentrasi zat karsinogenik di dalam cairan prostat.

Akan tetapi, para peneliti masih tidak menemukan penyebab yang jelas mengapa pria yang berhubungan seks dengan lebih dari 20 orang pria lain justru memiliki resiko kanker prostat yang lebih tinggi.

Para peneliti menduga hal ini mungkin dikarenakan mereka lebih beresiko untuk mengalami infeksi saluran kemih berulang atau mungkin juga karena seks anal menyebabkan trauma fisik pada prostat.