Sering Merasa Kram? Ini Penyebab Utamanya

91

Apakah Anda sering merasa salah satu otot dibagian tubuh Anda mendadak terasa sakit karena = kram?

Bila iya, maka sebaiknya simak ulasan dibawah ini untuk tahu lebih lanjut mengenai kram dan penyebab utamanya.

Kebanyakan orang mengalami kondisi ini saat tertidur, kemudian terbangun karena merasa kesakitan atau melipat kaki terlalu lama.

Lalu sebenarnya apa yang menyebabkan kram dan bagaimana cara mengatasinya?

Kram adalah menegangnya otot di suatu bagian tubuh sehingga menimbulkan rasa sakit selama beberapa menit namun bisa juga berhari-hari.

Kram di bagian kaki adalah yang paling umum terjadi karena kaki bertugas berat menyangga tubuh  sepanjang hari selama berdiri dan berjalan. Selain kaki, kram juga terjadi pada bagian tubuh lain yang dapat bergerak seperti tangan, leher. Bagian-bagian tubuh ini dapat menegang dan rileks saat digunakan, pada suatu saat otot-ototnya bergerak, menegang sendiri tanpa diperintah entah karena kecapaian atau karena alasan lain. Namun bagian tubuh yang tidak bergerak seperti perut, dapat pula mengalami kram.

Penyebab kram:

1.      Aktivitas yang berlebihan

Kram sering terjadi pada orang-orang yang melakukan aktivitas berlebihan misalnya olahraga yang terlalu berat. Untuk mencegah hal ini terjadi maka diharuskan melakukan pemanasan sebelum berolahraga, diikuti dengan pendinginan.

2.      Aliran darah tidak lancar

Posisi tidur dimana, bagian tubuh yang tertekan dapat menyebabkan terjadinya kram.

Biasanya kram timbul karena kita meluruskan jari kaki ketika tidur sehingga otot betis meregang.

3.      Dehidrasi

Kondisi tubuh yang kurang cairan juga bisa menyebabkan terjadinya kram. Hal ini bisa dialami oleh orang-orang yang melakukan olahraga terlalu berat dan cairan tubuh keluar melalui keringat. Kram juga dapat merupakan pertanda awal dari dehidrasi. Oleh karena itu usahakan untuk minum cairan yang banyak saat berolahraga.

4.      Kekurangan kalsium dan magnesium

Kurangnya kalsium dan magnesium dalam darah dapat mengakibatkan otot dan saraf menjadi tegang sehingga menyebabkan timbulnya kram. Karena itu wanita hamil sering mengalami kram akibat dari perubahan hormon dalam tubuhnya yang menyebabkan berkurangnya kalsium dan magnesium dalam darahnya.

5.      Obat-obatan

Beberapa obat seperti diuretik, dimana orang yang meminum obat ini akan sering buang air kecil, sehingga dapat menyebabkan orang kekurangan cairan, kalsium serta magnesium.

6.      Kencing manis

Penderita kencing manis mengalami gangguan pada sarafnya yang disebut diabetic neuropathy. Kadar gula yang tinggi dalam darah merusak persarafan pada kaki sehingga penderitanya mudah mengalami kram.

Cara mengatasi:

Selain menghindari semua penyebab kaki mengalami kram Anda dapat melakukan latihan ringan, seperti dibawah ini:

  1. Saat Anda mengalami kram misalnya di betis, luruskan kaki dan urut perlahan-lahan.
  2. Untuk mengurangi kemungkinan mengalami kram lakukan latihan dengan cara. Berdirilah satu meter di depan tembok, rentangkan kedua tangan sampai menyentuh tembok, kedua telapak kaki rata di lantai, pertahankan posisi ini selama lima detik. Ulang latihan ini selama lima menit, tiga kali sehari, termasuk sekali sebelum tidur.

Sumber: medicinenet