Sering Merasa Lelah Bisa Jadi Kurang Zat Besi, Kenali Gejala Akibat Kurang Zat Besi Dan Cara Mengatasinya…

151

Zat besi merupakan mineral yang bertanggung jawab untuk membawa oksigen dalam sel darah merah Anda. Wanita yang premenopause atau menjelang masa menopause berada pada risiko tertinggi untuk memiliki kadar zat besi yang rendah dan dapat ditentukan dengan tes darah. Biasanya pemeriksaan yang dilakukan akan ditambahkan pemeriksaan feritin serum yang mengukur berapa banyak besi yang telah disimpan dalam tubuh Anda. Jika kadar ferritin Anda rendah, itu berarti kadar zat besi Anda juga rendah dan sebaliknya.

Kadar normal ferritin serum normal adalah antara 20 dan 80 ng / ml, idealnya antara 40 dan 80, di bawah 20 Anda kekurangan zat besi dan di atas 80 adalah kelebihan zat besi.

 

Berikut adalah gejala zat besi yang rendah:

Kelelahan

Ini adalah gejala yang paling umum dari kekurangan zat besi tapi terkadang-kadang sulit untuk diidenitifikasikan. Biasanya karena kekurangan zat besi menyebabkan asupan oksigen yang mencapai jaringan tubuh Anda berkurang, sehingga tubuh Anda kekurangan energi yang dibutuhkan. Jika Anda merasa lemah, mudah tersinggung atau tidak dapat fokus maka bisa jadi Anda mengalami kekurangan zat besi.

Kulit pucat

Hemoglobin memberikan darah warna merah sehingga ketika kadar protein yang rendah dapat menyebabkan perubahan warna dari kulit Anda. Jika bagian dalam bibir Anda, gusi dan bagian dalam kelopak mata bawah Anda terlihat pucat, bisa jadi karena kadar zat besi yang rendah

Sesak napas

Jika kadar oksigen Anda rendah, Anda akan merasa kekurangan udara. Jika Anda hanya melakukan aktivitas berat sedikit saja misal naik tangga tetapi membuat Anda benar-benar seperti kehabisan napas dan sesak napas bisa jadi ini karena kekurangan zat besi.

Sakit kepala

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kekurangan oksigen, termasuk aliran oksigen yang ke area otak sehingga menyebabkan sakit kepala, menurut National Headache Foundation.

Merasa cemas

Kekurangan zat besi dapat membuat Anda merasa cemas tanpa alasan. Kurangnya oksigen mempengaruhi sistem saraf simpatik tubuh Anda, yang seperti pedal gas dalam tubuh Anda.

Kelenjar tiroid kurang aktif

Kekurangan zat besi memperlambat fungsi tiroid tubuh Anda dan mempengaruhi proses metabolisme, menurut National Academy of Hypothyroidism.

Kekurangan salah satu mineral seperti zat besi dan vitamin D dapat memiliki beberapa gejala dan efek samping.

 

Apa yang harus Anda lakukan jika Anda memiliki beberapa atau semua gejala di atas?

  • Buatlah janji dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan fisik dan tes darah.
  • Meningkatkan jumlah daging merah dalam diet Anda. Sebaiknya pilih sapi yang tidak disuntik dengan hormon.
  • Tambahan zat besi dari sumber berkualitas tinggi. Kebutuhan zat besi biasanya untuk wanita antara usia 19-50 tahun membutuhkan 18 mg per hari. Tergantung pada seberapa berat menstruasi Anda bila berat maka membutuhkan dosis yang lebih tinggi. Jika Anda sedang hamil maka Anda perlu 27 mg.

Sumber: healthstatus