Sering Minum Obat Anti Nyeri Ternyata Berbahaya Lho…

Apapun Soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi Tanpa Antri

254

Hampir sebagian besar orang pasti pernah mengalami nyeri kepala, yang berarti sebagian besar orang juga pernah mengkonsumsi obat anti nyeri. Akan tetapi, terlalu sering mengkonsumsi obat anti nyeri ternyata dapat berbahaya bagi kesehatan Anda lho.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh BPOM Amerika, mengkonsumsi obat anti nyeri tidak hanya dapat berdampak buruk bagi lambung Anda, tetapi juga bagi kesehatan jantung dan otak Anda.

Berdasarkan pemberitahuan yang dikeluarkan oleh BPOM Amerika, sekarang ini mereka akan mencantumkan tambahan peringatan pada obat anti nyeri golongan NSAIDs (non steroid anti inflammatory drugs).

Peringatan tambahan tersebut adalah resiko terjadinya serangan jantung atau stroke akan meningkat bahkan pada minggu awal penggunaan obat NSAID. Resiko ini tampaknya akan semakin tinggi seiring dengan semakin lama seseorang mengkonsumsi obat golongan NSAID tersebut. Selain itu, resiko ini juga akan bertambah tinggi pada orang-orang yang mengkonsumsi obat NSAID dosis tinggi.

Obat anti nyeri golongan NSAIDs yang paling sering digunakan dan dapat dibeli dengan bebas di pasaran adalah ibuprofen dan naproxen.

Takut terkena serangan jantung atau stroke karena mengkonsumsi kedua obat tersebut? Jangan panik. Anda hanya harus lebih pintar dalam menggunakan kedua obat tersebut yaitu dengan cara mengkonsumsi obat dengan dosis sekecil mungkin untuk waktu yang sesingkat mungkin.

Jadi, bila Anda hanya mengkonsumsi ibuprofen sesekali untuk meredakan nyeri, maka hal ini biasanya tidak akan menimbulkan efek samping berat seperti yang disebutkan di atas.

Akan tetapi, ada beberapa orang yang perlu lebih berhati-hati dalam menggunakan obat anti nyeri golongan NSAID yaitu:

  • Orang yang menderita gangguan jantung
  • Orang yang memiliki resiko tinggi menderita stroke atau gangguan jantung; misalnya orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi, menderita diabetes, obesitas, dan pernah menderita gangguan pembuluh darah
  • Orang yang menggunakan obat anti nyeri golongan NSAID dalam waktu lama, dengan dosis tinggi
  • Orang lanjut usia

Install Aplikasi Pakdok, Google Play Android Click Pakdok