Sering Sakit, Menelan? Kenalilah Penyebabnya!

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

316

Sakit menelan adalah salah satu keluhan paling umum yang dijumpai di ruang konsultasi Dokter. Sakit menelan seringkali membuat aktivitas makanpun menjadi tidak enak. Nah, bila sudah begini, maka kesal dan bahkan stres akan menyerang Anda. Sebenarnya apakah yang terjadi pada tenggorokan kita sehingga merasakan sakit pada saat menelan? Banyak hal yang dapat terjadi pada tenggorokan dan menyebabkan sakit tenggorokan saat menelan, misalnya saja adanya infeksi di bagian tenggorokan atau terjadinya reaksi alergi di jalur menelan. Kondisi ini bisa sangat membuat tidak nyaman, karena dapat menimbulkan sensasi seperti terbakar (perih), atau seperti tekanan yang sangat kuat pada bagian tenggorokan.

Beberapa penyakit lain juga menimbulkan keluhan nyeri telan. Berikut adalah beberapa penyebab rasa sakit pada saat menelan yang perlu kita ketahui :

  1. Radang tenggorokan

Sekitar 60% keluhan sakit menelan disebabkan oleh radang tenggorokan. Radang tenggorokan terjadi akibat infeksi bakteri yang menyerang tenggorokan. Infeksi tersebut kemudian menyebabkan peradangan yang membuat tenggorokan dan amandel jadi membengkak sehingga kita sulit untuk menelan.

  1. Sariawan

Jika merasakan sakit pada saat menelan, periksalah rongga mulut dan gusi Anda, sebab pada beberapa kasus sariawan dapat tumbuh dibagian atas atau belakang tenggorokan.

  1. Difteri

Difteri merupakan penyakit dimana bakteri bernama Corynebacterium diphtheria menginfeksi area sekitar hidung dan tenggorokan. Difteri merupakan salah satu penyakit menular yang berbahaya, kadang dapat menyebabkan kematian karena adanya membaran yang menutup saluran nafas bagian atas sehingga menganggu proses respirasi.

Gejala awalnya sering kali dimulai dengan sakit tenggorokan disertai demam. Dalam beberapa kasus, muncul bercak berwarna putih atau abu-abu di tenggorokan. Kemudian bertambah parah dan menyebabkan beberapa gangguan lain seperti batuk dan menghalangi jalannya napas. Leher pun jadi membengkak akibat kelenjar getah bening membesar. Akibatnya tenggorokan jadi terasa sakit saat menelan ludah.

Selain beberapa penyebab di atas, sakit tenggorokan saat menelan juga bisa disebabkan oleh kondisi  yang lebih serius seperti kanker esofagus (kerongkongan), herpes esofagitis, atau adanya candidiasis (jamur) mulut. Candidiasis di mulut termasuk salah satu kondisi yang serius karena kondisi tersebut bisa saja terjadi bukan hanya karena oral hygiene yang buruk, namun di-trigger oleh penyakit yang membuat imunitas penderita menurun seperti Diabetes Mellitus atau HIV. Jadi jangan pernah menyepelekan gejala tersebut, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. (EDA/CM)

Sumber :

  1. Sakit Tenggorokan Saat Menelan, Ini Penyebabnya. https://alodokter.com/sakit-tenggorokan-saat-menelan-ini-penyebabnya
  2. Waspadailah 12 Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan Ludah. https://kliniktht.com/penyebab-tenggorokan-sakit-saat-menelan-ludah
  3. Sakit Menelan, Apa Sebabnya Dan Bagaimana Mengatasinya? https://bidanku.com/sakit-menelan-apa-sebabnya-dan-bagaimana-mengatasinya

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store