SERING SAKIT KEPALA, APAKAH TANDA TUMOR OTAK?

56

Sakit kepala merupakan pengalaman yang umum dialami hampir setiap orang. Ketika sakit kepala muncul bisa sebagai rasa sakit yang tajam, sensasi berdenyut, atau nyeri tumpul. Sakit kepala terbagi atas primer dan sekunder. Sakit kepala primer dapat disebabkan oleh aktivitas yang berlebihan. Selain itu, aktivitas kimia di otak , saraf atau pembuluh darah yang mengelilingi tengkorak atau otot kepala dan leher (atau kombinasi dari faktor-faktor ini) dapat berperan dalam sakit kepala primer. Beberapa orang mungkin juga membawa gen yang membuat mereka lebih mungkin mengalami sakit kepala semacam itu. Yang termasuk sakit kepala primer yaitu migrain, sakit kepala tipe tegang (tension-type headache) dan sakit kepala tipe kluster.  Sedangkan sakit kepala sukender merupakan sakit kepala yang berhubungan dengan kondisi medis yang mendasarinya. Contohnya adalah sakit kepala karena cedera leher, masalah mata, rahang gigi , infeksi ataupun penyakit lain.

Saat sakit kepala menyerang durasinya bervariasi. Ada yang berlangsung lama maupun sebentar. Begitupula dengan intensitasnya, ada yang sering ada pula yang jarang. Semua tergantung hal yang mendasari. Sakit kepala yang sering timbul dan berlangsung lama sering kali dikaitkan dengan penyakit tumor otak. Tumor otak adalah massa atau pertumbuhan sel-sel abnormal di otak. Ada berbagai jenis tumor otak. Beberapa tumor otak bersifat jinak dan beberapa tumor otak bersifat ganas (kanker). Tumor otak bisa berasal dari otak (tumor otak primer) atau atau berasal dari bagian tubuh lain yang menyebar ke otak (tumor otak sekunder atau metastasis). Seberapa cepat tumor otak tumbuh dapat sangat bervariasi. Tingkat pertumbuhan serta lokasi tumor otak menentukan bagaimana hal itu akan mempengaruhi fungsi sistem saraf, sehingga hal ini juga berpengaruh pada gejala yang ditimbulkan pada penderita. Sakit kepala yang timbul pada penderita tumor otak karena massa yang tumbuh di otak memberi tekanan pada saraf sehingga menimbulkan nyeri.

Jadi kapan Anda harus curiga sakit kepala yang timbul merupakan bagian dari gejala tumor otak ? Bila sakit kepala yang muncul bertahap makin sering timbul dan sakitnya semakin parah, hingga anda mengalami dua atau lebih sakit kepala dalam seminggu, sakit kepala yang anda rasakan membuat anda mengkonsumsi obat anti nyeri setiap hari dan anda membutuhkan dosis lebih dalam mengkonsumsi obat anti nyeri. Selain gejala sakit kepala ,gejala lain yang dapat muncul yaitu mual muntah mendadak, pengelihatan kabur atau ganda, gangguan kesimbangan, gangguan pendengaran, gangguan berbicara dan kejang pada orang yang tidak ada riwayat kejang sebelumnya. Bila anda merasakan gejala-gejala tersebut segera periksakan diri anda ke dokter! (LAM)

Referensi

1.https:/./www.mayoclinic.org/diseases-conditions/chronic-daily-headaches/symptoms-causes/syc-20370891

2.https://.www.mayoclinic.org/diseases-conditions/brain-tumor/symptoms-causes/syc-20350084

https://.www.mayoclinic.org/symptoms/headache/basics/causes/sym-20050800

3.Kurth, T., Buring, J. E., & Rist, P. M. (2015). Headache, migraine and risk of brain tumors in women: prospective cohort study. The journal of headache and pain16(1), 501. doi:10.1186/s10194-015-0501-0