Sering Terbangun Untuk Pipis di Malam Hari, Kenapa Ya???

190

Apakah tidur Anda sering terganggu karena keinginan untuk buang air kecil? Bila Anda terbangun lebih dari 1 kali di malam hari karena ingin buang air kecil, maka Anda mungkin menderita nokturia (keinginan untuk buang air kecil di malam hari).

Nokturia dapat terjadi saat tubuh Anda membentuk terlalu banyak air kemih atau karena kandung kemih Anda tidak dapat menampung terlalu banyak air kemih atau keduanya.

 

Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa hal yang dapat menyebabkan Anda mengalami nokturia:

  • Minuman yang Anda Konsumsi

Anda mungkin mengkonsumsi terlalu banyak air sebelum tidur atau terlalu berdekatan dengan waktu tidur. Oleh karena itu, dianjurkan agar Anda tidak mengkonsumsi terlalu banyak air sebelum tidur. Selain itu, jangan mengkonsumsi minuman beralkohol atau berkafein setelah makan siang. Pastikan juga Anda buang air kecil sebelum tidur.

 

  • Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih dapat membuat Anda ingin buang air kecil di malam hari. Selain itu, Anda mungkin merasa nyeri saat buang air kecil. Perut Anda pun dapat terasa nyeri, yang juga disertai dengan demam. Segera periksakan diri Anda ke seorang dokter untuk memperoleh pengobatan secepatnya.

 

  • Penuaan

Seiring dengan semakin bertambahnya usia Anda, maka Anda pun akan semakin sering ingin buang air kecil di malam hari. Hal ini dikarenakan dengan semakin bertambahnya usia Anda, maka tubuh Anda pun akan memproduksi lebih sedikit hormon yang berfungsi untuk “memerintahkan” ginjal Anda untuk bekerja lebih sedikit saat Anda tidur. Selain itu, kandung kemih Anda juga tidak lagi selentur dulu sehingga tidak dapat menampung air kemih sebanyak dulu.

Saat Anda bertambah tua, Anda pun akan lebih sering menderita berbagai gangguan kesehatan lain yang membuat Anda lebih sering buang air kecil di malam hari. Jenis kelamin Anda pun tampaknya memiliki peranan yang penting.

Pada pria yang mengalami pembesaran prostat jinak, ia justru akan mengalami kesulitan untuk buang air kecil. Sementara untuk wanita, saat ia memasuki masa menopause (memiliki kadar estrogen yang lebih sedikit), maka ia pun akan menjadi lebih sering buang air kecil, apalagi bila Anda telah memiliki anak, maka otot-otot dasar panggul Anda pun telah melemah, yang akan membuat Anda lebih sering buang air kecil.

 

  • Obat-obatan Tertentu

Beberapa jenis obat-obatan akan menarik cairan dari dalam tubuh dan membuat Anda lebih sering buang air kecil. Berkonsultasilah dengan dokter Anda mengenai obat-obatan yang Anda gunakan dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

 

  • Gangguan Tidur

Kadangkala, bukan keinginan untuk buang air kecil yang membuat Anda terbangun, akan tetapi saat Anda terbangun Anda pun menjadi ingin buang air kecil. Hal ini dapat terjadi bila Anda menderita restless leg syndrome, hot flashes, nyeri kronik, atau depresi. Selain itu, ada juga hubungan antara gangguan tidur apnea dengan keinginan untuk buang air kecil di malam hari. Jadi, mengatasi gangguan tidur yang Anda alami biasanya juga dapat mengatasi nokturia.

 

  • Gangguan Jantung

Saat Anda kurang tidur, maka hal ini dapat menyebabkan cairan menumpuk di dalam tubuh. Pembengkakan ini terutama terlihat pada pergelangan kaki. Saat Anda berbaring, maka tubuh akan mengeluarkan kelebihan cairan di dalamnya, yang membuat kandung kemih Anda penuh dan membangunkan Anda untuk buang air kecil. Untuk mengurangi pembengkakan pada pergelangan kaki Anda, naikkanlah kaki Anda di sepanjang hari atau gunakanlah stocking kompresi.

 

  • Penyebab Lainnya

Ada beberapa keadaan lainnya yang dapat membuat kandung kemih tidak dapat menahan air kemih sebanyak yang seharusnya seperti:

  • Tumor kandung kemih
  • Tumor prostat
  • Kandung kemih yang terlalu aktif
  • Sistitis interstitial
  • Hamil
  • Obesitas

Selain itu, juga ada beberapa keadaan yang membuat tubuh Anda memproduksi lebih banyak air kemih daripada seharusnya seperti:

  • Diabetes
  • Diabetes insipidus
  • Gagal hati
  • Gangguan neurologis seperti penyakit Alzheimer  dan  penyakit Parkinson

Bila nokturia terjadi akibat adanya gangguan kesehatan lain, maka mengatasi gangguan kesehatan tersebut biasanya dapat mengatasi nokturia. Segera periksakan diri Anda ke seorang dokter bila gejala tidak juga membaik.

 

 

 

Sumber: webmd