Sinar Matahari Merusak Rambut?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

343

Ibu saya pernah bilang, kalau banyak aktivitas di luar ruangan kita harus menggunakan penutup kepala supaya rambut kita tidak rusak akibat paparan sinar matahari yang terlalu sering. Saya sering berpikir itu hanya mitos saja, karena menurut saya sinar matahari itu justru menyehatkan. Tetapi ternyata nasihat Ibu saya benar, tubuh memang memerlukan sinar matahari untuk metabolism, namun terpapar dalam intensitas yang sering juga tidak baik bagi tubuh, termasuk untuk kesehatan rambut. Bagaimana cara sinar matahari bisa merusak rambut dan bagaimana cara mencegahnya? Kita simak artikel di bawah ini.

Sinar matahari (UVA dan UVB) dapat merusak kondisi rambut dengan berbagai cara. Paparan sinar UVA dapat merusak lapisan kutikula yang merupakan lapisan terluar rambut. Jika lapisan kutikula rusak, maka rambut akan mudah patah dan kering. Sinar UVA juga bisa merusak kulit kepala jika tidak terlindung dengan baik, sehingga mudah terkontaminasi radikal bebas yang dapat mempercepat terjadinya penuaan rambut, seperti uban hingga kerontokan rambut. Selain itu, jika rambut sering terpapar oleh sinar matahari akan membuat warna rambut pudar dan menyebabkan pecah-pecah pada ujung rambut. Lantas bagaimana cara mencegahnya?

  1. Mencuci rambut dengan teratur. Kelembaban, panas, debu, dan keringat yang dihasilkan membuat rambut dan kulit kepala rentan terhadap infeksi bakteri dan jamur. Pilihlah sampo yang dapat melembabkan atau gunakan hair conditioner yang akan membuat rambut tetap terhidrasi meski dibersihkan berkali-kali.
  1. Jangan lupa menggunakan minyak rambut karena sering keramas dapat menghabiskan kelembapan pada kulit kepala. Gunakan minyak rambut dalam jumlah sedang.
  2. Sebisa mungkin gunakan penutup rambut, bisa menggunakan topi. syal atau kerudung.
  3. Jika Anda hoby berenang, pada saat matahari sedang terik jangan lupa untuk mengoleskan kondisioner pada rambut sebelum berenang.
  4. Dianjurkan juga untuk sesekali perawatan rambut di salon. Saat ke salon untuk melakukan perawatan rambut, tambahkan perawatan yang berperan membantu melindungi warna rambut Anda, terutama jika diwarnai.
  1. Kurangi pemakaian alat-alat panas yang biasa Anda gunakan untuk menata rambut. Udara panas dapat merusak warna rambut dan mebuat rambut kering, sehingga mudah patah. Jika Anda memang harus ,menggunakannya pastikan temperaturnya tidak terlalu tinggi.

Sebagai mahkota kepala, rambut tentu memiliki fungsi yang sangat bernilai. Anda tentu tidak akan percaya diri keluar rumah dengan rambut yang rusak. Karena itu hargailah rambut Anda dengan merawatnya secara rutin. Dengan rambut yang sehat dan bagus tentu akan meningkatkan penampilan Anda di depan orang lain. (EDA/CM) 

Sumber:

  1. Pita J. Ternyata Sinar Matahari Merusak Rambut? Ini Penjelasannya, http://www.grid.id/read/04163469/ternyata-sinar-matahari-merusak-rambut-ini-penjelasannya?page=all
  2. Herliafifah R. Kalau Rambut Kamu Sering Terpapar Sinar Matahari, Begini Cara Mengatasinya., https://www.bukalapak.com/blog/beauty/5-masalah-rambut-jika-sering-terjemur-matahari-17719
  3. 5 Tips Melindungi Rambut Dari Bahaya Sinar Matahari, https://www.vemale.com/cantik/83553-5-tips-melindungi-rambut-dari-bahaya-sinar-matahari.html

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store