Sosial Media Dapat Menyebabkan Gangguan Makan

373

Saat ini sudah banyak penelitian yang mencari tahu hubungan kesehatan dengan berbagai topik dan sudah dipublikasikan setiap harinya. Tetapi hanya beberapa saja yang menarik perhatian kita. Penelitian berikut ini mungkin salah satu yang dapat menarik perhatian Anda.

Apakah Anda tidak dapat terpisahkan dari facebook atau sosial media lainnya? Sekarang adalah saat yang tepat untuk berhenti menghabiskan waktu melihat facebook karena ternyata terlalu banyak menngunakan sosial media dapat memberikan pengaruh buruk untuk tubuh, salah satunya gangguan makan.
Penelitian pertama mencoba menghubungkan banyaknya waktu yang dihabiskan bermain facebook dengan citra tubuh yang buruk. Para peneliti menemukan bahwa menghabiskan waktu terlalu banyak dengan facebook dapat menimbulkan perasaan negatif dan selalu membandingkan antar teman.

Facebook meningkatkan rasa ketidakamanan diantara orang-orang yang menggunakannya dan memunculkan emosi negatif. Facebook merupakan faktor penyebab munculnya depresi, rendah diri, kebencian, kemarahan dan bahkan gangguan makan.

Dalam studi ini, para peneliti mempelajari 960 mahasiswi. Para perempuan ini dievaluasi tentang berapa waktu yang mereka habiskan di Facebook. “Lebih 95 persen mahasiswi dalam studi kami menggunakan Facebook dan mereka yang memiliki akun Facebook menggambarkan biasanya menghabiskan 20 menit setiap berkunjung ke situs itu, yang jika dikalkulasi lebih dari satu jam di situs itu setiap hari,” kata Dr Pamela Keel.

Dr Keel mengatakan bahwa perempuan yang paling banyak bermain Facebook yang paling bermasalah dengan tingkat citra diri dan paling mungkin mengalami gangguan makan. Para perempuan muda ini juga  mungkin melihat komentar-komentar yang diterima. Memberi “suka” untuk status yang dianggap penting oleh mereka. Secara rutin mereka juga mengunggah gambar-gambar mereka sendiri dan membandingkan foto-foto mereka dengan teman-teman mereka.

Para peneliti mengatakan bahwa makin sering remaja melihat foto-foto mereka di Facebook, semakin mungkin mereka berpikir bahwa diri mereka terlalu gemuk atau memiliki bentuk tubuh yang salah. Para ilmuwan mengatakan remaja yang bermasalah dengan citra diri dapat menyebabkan anoreksia dan gangguan makan lain.


Install Aplikasi Pakdok, Google Play Android Click Pakdok