Stagen atau gurita pasca melahirkan agar perut kembali kencang, mitos atau fakta?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

115

Apa yang Terjadi Pada Otot Perut dan Panggul Selama Kehamilan?

Otot perut terdiri atas empat lapisan otot yang membentang dari tulang dada dan tulang rusuk ke arah tulang panggul. Secara bersamaan, otot-otot ini berfungsi sebagai korset untuk mendukung fungsi tulang belakang dan tulang panggul. Selain membantu dalam kemampuan melenturkan dan memutar batang tubuh, otot perut dikenal sebagai otot utama, karena mereka menstabilkan punggung saat bergerak.

 

Selama kehamilan, perubahan hormonal yang disebabkan oleh hormon relaxin, progesteron dan estrogen dikombinasikan dengan pertumbuhan rahim yang sangat besar menyebabkan peregangan otot-otot perut, mempengaruhi otot perut terutama rektus abdominis. Selain itu, juga mempengaruhi sudut otot panggul dan perut sehingga mempengaruhi postur tubuh dan kemampuan biomekanik. Hal ini menyebabkan berkurangnya organ-organ yang mempertahankan panggul.

 

Apakah ‘Stagen’ atau Gurita Berfungsi Pada Wanita Pasca Melahirkan?

Stagen atau Gurita adalah benda yang Anda lilitkan di pinggang setelah melahirkan. Dikenal juga dengan nama Korset atau Belly Wrap. Tidak semua stagen diciptakan sama, ada banyak jenis produk yang dijual yang berbeda di pasaran. Tujuan utama stagen adalah support perut Anda sampai otot perut Anda kembali seperti sebelum melahirkan. Stagen juga memberikan tekanan ringan untuk membantu rahim Anda segera menyusut. Plus, jika Anda menjalani operasi caesar, stagen dapat meredakan sakit dari bekas jahitan Anda.

 

Menggunakan stagen juga dapat membantu mengurangi rasa sakit, meningkatkan gerak, menstabilkan otot dasar panggul, dan bahkan membantu menyembuhkan otot perut yang tepisah-pisah. Selain itu, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Physiotherapy Canada, stagen dapat membantu Anda kembali berjalan dengan lebih cepat. Penelitian lain menyatakan bahwa stagen juga dapat membantu wanita mengalami lebih sedikit rasa sakit, dan pendarahan setelah operasi caesar.

 

Stagen telah digunakan selama berabad-abad sebagai metode untuk mendukung otot perut wanita. Penggunaan stagen bisa membuat perut terlihat lebih ramping karena menguatkan kulit yang meregang selama kehamilan. Stagen dapat dimasukkan ke dalam pakaian dan membantu kembali ke aktivitas normal sedini mungkin. Penggunaan stagen pasca melahirkan secara teratur dapat meredakan nyeri punggung dan ketegangan pada otot dan ligamen dengan cara memindahkan berat perut ke tulang belakang sesuai fungsi alaminya dan juga membantu dalam mempertahankan postur yang benar selama proses menyusui.

 

Catatan Penting Selama Menggunakan Stagen

  1. Stagen dapat digunakan selama beberapa jam. Disarankan untuk memakai stagen sepanjang siang dan malam, selain ketika Anda mandi, selama 30-60 hari setelah melahirkan.
  2. Pastikan untuk tidak melilitkan stagen terlalu ketat karena terlalu banyak kompresi atau tekanan dapat memperlambat proses penyembuhan Anda.
  3. Setiap Anda menunjukkan tanda-tanda infeksi, terutama pada luka bekas caesar, atau memiliki komplikasi kehamilan atau persalinan lain seperti preeklamsia atau amnionitis harus menghindari stagen karena akan memperparah proses penyembuhan Anda.
  4. Penting untuk mendapatkan ijin dari dokter Anda sebelum memakai stagen! Jangan lupa untuk selalu konsultasikan diri Anda pada dokter Anda. (TYA)

 

DAFTAR PUSTAKA

  1. Gustafson, J. L., Dong, F., Duong, J., & Kuhlmann, Z. C. (2018). Elastic Abdominal Binders Reduce Cesarean Pain Postoperatively: A Randomized Controlled Pilot Trial. Kansas journal of medicine11(2), 1-19.
  2. Ho, S. S., Yu, W. W., Lao, T. T., Chow, D. H., Chung, J. W. and Li, Y. (2009), Effectiveness of maternity support belts in reducing low back pain during pregnancy: a review. Journal of Clinical Nursing, 18: 1523-1532. doi:1111/j.1365-2702.2008.02749.x
  3. Charlotte Hilton Andersen. 2018. What Is a Postpartum Corset and Should You Try It?. What to Expect, dapat diakses melalui https://www.whattoexpect.com/wom/baby/the-pros-and-cons-of-wearing-a-postpartum-corset.aspx

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store