Suami Terus Mendengkur??? Coba Tips Ini

212

Apakah pasangan Anda sering mendengkur di malam hari dan membuat Anda terus tersiksa karenanya? Bila ya, maka Anda mungkin perlu melakukan sesuatu sebelum kebiasaan mendengkur suami Anda mengganggu hubungan asmara Anda dengannya.

Sebuah penelitian menemukan bahwa sekitar 50% orang yang menderita gangguan tidur apnea juga mengalami gangguan dalam hubungan asmaranya dengan pasangan dan sekitar 28% pasangan mengatakan bahwa hubungan intim dan kehidupan seksual mereka juga terpengaruh karena mereka terlalu mengantuk. Jadi bagaimana para pasangan menjaga hubungannya tetap mesra dengan adanya “si pengganggu”?

Apakah dengan tidur di ruangan yang terpisah dapat membantu mengatasi masalah ini? Ternyata tidak juga. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa hal yang dapat Anda lakukan bila suami

Anda terus saja mendengkur dan membuat Anda sulit tidur.

Ubah Posisi Tidurnya

Jika pasangan Anda tidak tersedak atau tampak seperti sesak napas saat tidur, maka si dia mungkin mendengkur karena tidur dengan posisi terlentang. Bila demikian, ubahlah posisi tidurnya menjadi menyamping. Bila si dia terus saja kembali ke posisi terlentang, letakkanlah bola tenis dalam pakaiannya yang akan membuat ia segera berbalik ke posisi menyamping karena merasa tidak nyaman.

Ubah Gaya Hidupnya

Menurunkan berat badan dapat membantu mengurangi dengkuran pasangan Anda, begitu pula dengan menghindari minuman beralkohol atau obat tidur dalam waktu 3 jam sebelum tidur. Hal ini dikarenakan jaringan tambahan di daerah leher (karena peningkatan berat badan) atau otot yang menjadi rileks (karena minuman beralkohol atau obat tidur) dapat menyumbat saluran napas, yang memicu terjadinya dengkuran.

Hubungi Dokter

Jika semua cara di atas tidak berhasil mengurangi kebiasaan mendengkurnya, maka segera bawa pasangan Anda berobat ke seorang dokter. Bila perlu, rekamlah suara dengkuran suami Anda tersebut dan tunjukkan pada dokter yang Anda kunjungi (tentu saja seizin pasangan Anda).