Sukses Menggunakan Pompa Asi

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

246

Adalah sebuah pilihan yang sulit ketika Bunda harus meninggalkan bayi untuk kembali bekerja. Kendatipun bekerja, prioritas utama Bunda tentunya adalah pemberian ASI secara maksimal disela-sela kesibukannya. Karena itulah Pompa ASI menjadi sahabat baru bagi para Busui (Ibu menyusui) yang bekerja. Bagaimana teknik memerah ASI yang tepat menggunakan Pompa? Simak tips praktis berikut ini!

  1. Pastikan alat pompa ASI tersebut steril dengan cara cukup merendam pompa ASI dalam air hangat selama 10 menit. Cucilah tangan dengan sabun dan air hangat sebelum memerah ASI.
  2. Atur posisi duduk dengan nyaman dengan posisi tubuh agar condong kedepan. Hal ini bertujuan menstimulasi aliran ASI dalam payudara.
  3. Pasang corong pompa tepat pada puting payudara. Urutlah payudara secara perlahan dan mulailah memompa dengan perlahan dan teratur.
  4. Apabila anda menggunakan pompa elektrik, pasanglah pompa pada kekuatan yang paling rendah terlebih dahulu.
  5. Bunda dapat memompa ASI setiap 3-4 jam sekali. Umumnya, dibutuhkan waktu sekitar 15-20 menit untuk memompa ASI dari kedua Payudara.
  6. Apabila aliran susu terhenti selama proses pemompaan, sebaiknya Bunda beristirahat sejenak selama beberapa menit, kemudian memompa kembali setelah saluran ASI berjalan lancar.
  7. Setelah selesai menggunakan pompa asi, cuci alat tersebut terutama pada bagian yang terkena asi dan keringkan sebelum disimpan kembali.
  8. ASI yang sudah dipompa sebaiknya disimpan dalam wadah steril dan kemudian dimasukkan ke dalam kulkas dan diberi label tanggal.

Perlu Bunda ketahui, pada awalnya ada kemungkinan ASI akan keluar dengan tersendat-sendat dan tidak banyak. Namun, apabila Bunda melakukan pemompaan secara berkala dan teratur, maka produksi ASI akan lancar dan semakin banyak. Semangat Bunda! (RA/CM)

Daftar Pustaka

  1. Panduan Menggunakan Breast Pump: Sahabat baruibu Menyusui; retrieved from https://kalbestore.com/articles/panduan-menggunakan-breast-pump/
  2. Suggestion on Using an electric Breast pump; Australian Brestfeeding Associaton; retrieved from https://breastfeeding.asn.au/bfinfo/pumpsug.html/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store