Suntik Kolagen Untuk Kecantikan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

38

Salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan kulit adalah kolagen. Bagaimana tidak, kolagen bisa memberikan manfaat berupa mencegah munculnya keriput, hingga membuat wajah menjadi lebih cerah dan lebih segar. Karena alasan inilah banyak orang yang rela melakukan perawatan berupa suntik kolagen pada wajahnya dengan harapan wajahnya bisa tetap cantik dan sehat. Sayangnya, dibalik penggunaan suntik kolagen ini, ada risiko kesehatan yang berbahaya dimana jika seseorang ternyata mengalami alergi pada suntik kolagen ini, bisa mengalami kerusakan pada organ ginjalnya. Karena adanya risiko inilah pakar kecantikan sangat menyarankan para kaum hawa yang ingin mendapatkan suntik kolagen untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

 

Pakar kesehatan dr. Anna Gunawan, SpKK, yang berasal dari RSKB Bina Estika menyebutkan suntik kolagen bisa saja memicu reaksi alergi yang sangat parah layaknya menimbulkan pengelupasan kulit, munculnya infeksi, atau bahkan memicu jaringan parut dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, sebelum melakukan suntik kolagen, sebaiknya lakukan tes alergi terlebih dahulu, karena alergi yang parah dapat berakibat pada sumbataan jalan napas dan mati mendadak.

 

Selain itu, Suntikan kolagen sendiri juga bisa memicu pembengkakan pada wajah hingga kurun waktu 24 jam. Bagi sebagian wanita, kolagen bisa memicu munculnya tanda-tanda kemerahan yang bisa saja menghilang dalam jangka waktu sehari atau hingga sepekan. Hal ini terjadi karena kolagen memicu peremajaan kulit. Namun, akibat peremajaan kulit yang terjadi sebelum waktunya, kulit akan mengalami radang atau iritasi sebelum kemudian sel-sel permukaan kulit mati dan digantikan dengan sel-sel kulit yang baru. Proses peremajaan kulit menjadi sel kulit yang baru inilah yang menyebabkan flek-flek hitam dan kulit kusam menghilang dan digantikan oleh kulit muda yang lebih cerah dan bersih.

 

Bagi wanita yang sudah mendapatkan suntikan kolagen, ada baiknya mereka mulai berhati-hati dalam memakai make-up. Memang, tidak masalah jika memakai make-up, namun, ada baiknya hindari gosokan make-up pada area yang mendapatkan suntikan secara berlebihan. Selain itu, hindari pula cahaya matahari langsung secara berlebihan dan benar-benar berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol hingga seminggu setelah suntikan dilangsungkan.

 

Setiap wanita akan mendapatkan efek suntikan kolagen yang berbeda-beda. Ada yang merasakan manfaatnya hingga 3 bulan namun ada pula yang mengaku mendapatkan manfaatnya hingga 2 tahun. Satu hal yang pasti, manfaat suntikan kolagen ini tidak permanen dan dokter sangat menyarankan kita untuk menghindari salon kecantikan atau tempat lain yang menawarkan suntikan kolagen yang tidak aman, tanpa rekomendasi dari dokter, dan hanya menawarkan harga murah saja. (EDA/STE/CM)

 

Sumber :


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store