Suplemen, Perlu Atau Tidak?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi, Tanpa Antri

232

Di era globalisasi, kompetisi dunia kerja modern menuntut performa yang optimal. Sedangkan di sisi lain, beban kerja yang besar menyebabkan gangguan dalam pola diet, istirahat, dan kebiasaan sehari-hari seperti olahraga. Hal ini tentu mempengaruhi daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit menular maupun tidak menular yang kapan saja dapat menyerang individu pekerja keras ini.

Para professional biasanya mencari cara yang praktis untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, mulai dari makanan siap saji hingga makanan dengan pengawet. Makanan siap saji dan yang berpengawet tentunya tidak mengandung komposisi gizi seimbang yang diperlukan untuk menjaga imunitas tubuh. Oleh karena itu, dibuatlah suplemen-suplemen makanan yang beredar di pasaran,. Namun, apakah kita sudah yakin suplemen tersebut aman dikonsumsi jangka panjang tanpa efek samping? Apakah suplemen dapat menggantikan makanan yang diatur pola dan komposisi gizinya secara seimbang?

Berikut ini beberapa efek negative dari penggunaan suplemen diet yang dapat mengganggu kesehatan.

  1. Diare.

Salah satu efek samping paling umum dari multivitamin adalah diare. Hal ini disebabkan karena dosis tinggi magnesium, yang membuat sistem usus berair.

  1. Batu ginjal.

Penyebab umum dari batu ginjal adalah konsentrasi tinggi kalsium. Nah, salah satu efek samping dari multivitamin adalah konsentrasi tinggi kalsium. Itu menyebabkan timbulnya batu ginjal dan beberapa masalah lain, seperti sembelit, dan sakit perut.

  1. Masalah ritme jantung.

Konsentrasi seng yang tinggi menghambat irama jantung dan mengakibatkan jantung lemah. Konsumsi multivitamin secara berlebihan menyebabkan serangan jantung.

  1. Kerusakan retina

Konsentrasi tinggi vitamin A juga menyebabkan kerusakan retina yang berbahaya pada wanita. Bahkan, itu juga dapat menghalangi proses kelahiran anak.

  1. Alergi

Multivitamin dapat pula bereaksi dengan obat lain. Reaksi terhadap obat lain bisa menyebabkan alergi.

  1. Terhambatnya penyerapan zat gizi

Konsentrasi kalsium dan zat besi tinggi menghambat kemampuan tubuh untuk melakukan penyerapan gizi.

  1. Gejala lain

Efek lain dari tablet multivitamin adalah rambut rontok, otot lemah, pendarahan internal, kulit mengelupas, dan hilangnya nafsu makan.

Efek di atas akan timbul jika suplemen makanan telah dikonsumsi dalam jangka panjang ditambah dengan dosis vitamin dan mineral di dalamnya yang melebihi Angka Kecukupan Gizi harian.

Kesimpulannya, mari kita lakukan pola diet yang seimbang. Konsumsi suplemen hanya jika anda memang dinyatakan kekurangan vitamin dan mineral tertentu. Jika anda bingung untuk menentukan diet yang seimbang, tentu dapat berkonsultasi dengan dokter anda atau melalui aplikasi Pakdok yang siap melayani anda 24 jam. Semoga bermanfaat. (BR/CM)

DAFTAR PUSTAKA

  1. https://www.drugs.com/pro/levomefolate-calcium-acetylcysteine-and-mecobalamin-algal.html#s-34084-4
  2. Yarif, dkk. 2007. Farmakologi dan Terapi. Jakarta: Badan Penerbit FKUI. Hal 769 – 793.

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store