Susah Buang Gas, Berbahayakah?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

216

Anda pernah merasakan susah buang gas atau “kentut”?  Sungguh menyiksa bukan? Perut membuncit karena kembung, ditambah lagi dengan rasa nyeri pada perut. Banyak orang yang menganggap sepele hal tersebut, mereka berpikir minum air hangat dan istrahat sebentar akan mengobati keluhan ini. Akan tetapi tahukah Anda, ternyata sulit buang gas itu adalah salah satu alarm untuk memberitahu kita bahwa ada yang salah di dalam saluran pencernaan? Susah buang gas tidak bisa dianggap sepele dan harus segera ditindaklanjuti. Apa saja yang menyebabkan kita sulit buang gas? Marilah kita simak artikel di bawah ini.

Beberapa penyakit yang dapat menimbulkan keluhan tersebut adalah:

  1. Periotnitis

Peritonitis adalah radang selaput perut di mana terjadi iritasi pada jaringan tipis pelapis dinding perut bagian dalam serta meliputi sebagian besar organ perut sehingga tubuh tak mampu mengeluarkan angin atau gas dari tubuh dan ini termasuk salah satu kondisi yang mengancam jiwa.

  1. Tukak Lambung

Adanya luka di dalam lambung ini bisa jadi penyebab dari susahnya buang angin. Luka pada lambung (biasanya disebut tukak lambung) muncul karena adanya proses peradangan. Peradangan pada mukosa lambung seringkali disebabkan oleh iritasi mukosa lambung karena produksi asam lambung yang berlebihan, biasanya terjadi pada penderita maag atau gastritis.

  1. Disepsia

Dispepsia adalah kondisi yang biasanya terjadi pada bagian perut di mana timbul rasa nyeri dan tak nyaman, terutama perut bagian atas. Rasa sakit dapat muncul secara berulang dan disertai dengan gejala sulit buang angin, dada terasa panas atau terbakar, nafsu makan menurun, sering bersendawa, perut cepat kenyang, dan terasa kembung. Dispepsia bisa juga disebut dengan penyakit maag di mana dinding lambung terserang peradangan sehingga gejala-gejala tersebut terjadi.

  1. Usus Buntu (Appendix)

Usus buntu merupakan satu keadaan penyakit yang tidak dapat Anda abaikan, apalagi ketika Anda menyadari bahwa perut bagian tengah Anda terasa sakit. Rasa nyeri yang kerap muncul dan hilang sesuka hati ini lantas kemudian dapat berpindah ke bagian kanan bawah perut atau letak usus buntu. Sulit buang gas menjadi salah satu gejala dari usus buntu tanpa komplikasi maupun usus buntu yang sudah pecah. Selain itu, rasa sakit bakal makin parah ketika ada penekanan di area tersebut atau saat Anda tengah berjalan atau batuk-batuk. Perut juga mengalami pembengkakan disertai penurunan selera makan.

Selain penyakit yang telah dibahas di atas, masih ada beberapa penyakit lain yang dapat menimbulkan keluhan ini, misalnya penyakit hati dan pankreas. Oleh karena itu segeralah berkonsultasi dengan dokter, jangan membiarkan atau malah mengobatinya sendiri. (EDA/CM)

Sumber :

  1. 10 Penyebab Tidak Bisa Kentut dan Cara Mengatasinya. https://halosehat.com/penyakit/gejala/penyebab-tidak-bisa-kentut-dan-cara-mengatasinya
  2. Penyebab Perut Kembung / Meteorismus http://caradokterku.blogspot.com/2016/01/penyebab-perut-kembung-meteorismus.html
  3. Ileus Paralitik. https://www.alodokter.com/ileus-paralitik

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store