Syok Kardiogenik

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

115

Syok kardiogenik adalah suatu kondisi di mana jantung Anda tiba-tiba tidak dapat memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Kondisi ini paling sering disebabkan oleh serangan jantung, tetapi tidak semua orang yang memiliki serangan jantung memiliki syok kardiogenik. Syok kardiogenik jarang terjadi, tetapi sering fatal jika tidak segera diobati.

Tanda dan gejala

Tanda dan gejala syok kardiogenik meliputi:

  1. Bernapas dengan cepat
  2. Sesak nafas yang parah
  3. Mendadak, detak jantung cepat
  4. Hilang kesadaran
  5. Denyut nadi lemah
  6. Tekanan darah rendah
  7. Berkeringat
  8. Kulit pucat
  9. Tangan atau kaki dingin
  10. Buang air kecil kurang sedikit atau tidak sama sekali

Gejala serangan jantung

Syok kardiogenik biasanya terjadi pada orang yang mengalami serangan jantung berat. Jantung yang tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh dapat menyebabkan tubuh kekurangan asupan energi dan oksigen. Akibatnya, munculah beberapa tanda dan gejala sebagai berikut:

  1. Tekanan, rasa penuh, atau nyeri yang menekan di pusat dada Anda yang berlangsung selama lebih dari beberapa menit
  2. Nyeri menjalarg ke bahu Anda, satu atau kedua lengan, punggung, atau bahkan ke gigi dan rahang Anda
  3. Nyeri dada yang terus meningkat
  4. Sesak napas
  5. Berkeringat
  6. Kepala terasa ringan
  7. Mual dan muntah

Penyebab

Dalam kebanyakan kasus, kurangnya oksigen ke jantung Anda, biasanya akibat dari serangan jantung. Tanpa darah kaya oksigen yang beredar ke daerah jantung Anda, otot jantung dapat melemah dan masuk ke syok kardiogenik.

Kemungkinan penyebab syok kardiogenik lainnya meliputi:

  1. Peradangan otot jantung
  2. Infeksi katup jantung
  3. Riwayat menderita penyakit tekanan darah tinggi dalam jangka waktu yang lama
  4. Riwayat menderita kelainan jantung lain seperti kelainan katub atau kelainan irama jantung
  5. Riwayat menderita penyakit kencing manis dalam waktu yang lama
  6. Riwayat menderita penyakit gagal ginjal
  7. Riwayat menderita gangguan hati akibat penyebab apa pun
  8. Overdosis obat atau keracunan dengan zat yang dapat memengaruhi kemampuan memompa jantung Anda

Penanganan

Bila Anda atau orang terdekat Anda mengalami gejala – gejala di atas dan memiliki riwayat penyakit – penyakit di atas, Anda harus curiga bahwa kemungkinan terburuk, Anda mengalami syok kardiogenik. Bila demikian, segera periksakan diri ke dokter atau instalasi gawat darurat, agar dokter dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai kondisi tubuh Anda.

Seseorang yang didiagnosis dengan syok kardiogenik memerlukan perawatan intensif untuk memantau kecukupan aliran darah pada seluruh tubuh. Sehingga butuh deteksi sedini mungkin dan kemauan untuk memeriksakan diri dan berobat sesegera mungkin agar syok dapat ditangani.

Untuk mencegahnya, terapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, biasakan olahraga rutin, hindari merokok dan kebiasaan buruk yang berdampak pada kesehatan lainnya, serta pastikan tubuh Anda mendapatkan cukup istirahat. Ingat, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati! (LM/STE)

Referensi

Cardiogenic shock – Symptoms and causes. (2018). Retrieved from https://mayo clinic.org/diseases-conditions/cardiogenic-shock/symptoms-causes/syc-20366739

Cardiogenic Shock: Practice Essentials, Background, Pathophysiology. (2018). Retri eved from https://emedicine.medscape.com/article/152191-overview


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store