Takut Kena Batu Ginjal? Perhatikan Hal Berikut Ini…

311

Orang yang menderita batu ginjal biasanya tidak akan menyadari bahwa dirinya memiliki batu ginjal karena seringkali tidak menimbulkan gejala apapun. Gejala yang sering dialami oleh penderita adalah nyeri hebat yang timbul secara mendadak. Rasa nyeri ini seringkali membuat penderita harus dilarikan ke rumah sakit.

Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan resiko terjadinya batu ginjal pada seseorang. Beberapa hal ini ada yang dapat dikendalikan, namun ada pula yang tidak dapat dikendalikan.

 

 

 

Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa hal yang dapat meningkatkan resiko terbentuknya batu ginjal, namun dapat Anda kendalikan.

Seberapa Banyak Air Putih yang Anda Konsumsi

Penyebab paling sering dari terbentuknya batu ginjal adalah karena seseorang tidak mengkonsumsi cukup air putih. Oleh karena itu, dianjurkan agar setiap orang setidaknya mengkonsumsi 8-10 gelas air putih setiap harinya.

Makanan yang Anda Konsumsi

Makanan yang mengandung banyak protein, garam, dan asam urat seperti sayuran berdaun hijau dapat meningkatkan resiko terbentuknya batu ginjal. Oleh karena itu, dianjurkan agar Anda mengurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak protein, garam, dan asam urat.

Memiliki Berat Badan Berlebih

Memiliki berat badan berlebih dapat menyebabkan terjadinya resistensi insulin dan meningkatkan kadar kalsium di dalam air kemih, yang berarti juga akan meningkatkan resiko terbentuknya batu ginjal.

Mengkonsumsi Obat-obatan Tertentu

Sejumlah obat-obatan seperti acetazolamide dan indinavir dapat meningkatkan resiko terbentuknya batu ginjal.

 

Selain beberapa hal di atas, ada beberapa hal lainnya yang juga dapat meningkatkan resiko terbentuknya batu ginjal yang tidak dapat Anda kendalikan seperti:

  • Usia dan jenis kelamin. Pria yang berusia antara 30-50 tahun memiliki resiko yang lebih tinggi untuk menderita batu ginjal
  • Wanita yang telah memasuki masa menopause. Menurunnya kadar hormon estrogen akan meningkatkan resiko terbentuknya batu ginjal. Selain itu, wanita yang juga tidak lagi memiliki kedua indung telurnya juga memiliki resiko batu ginjal yang lebih tinggi
  • Ada anggota keluarga yang menderita batu ginjal
  • Sering mengalami infeksi saluran kemih
  • Menderita penyakit lain seperti penyakit Crohn, hiperparatiroidisme, atau gout
  • Pernah menjalani tindakan pembedahan usus atau lambung
  • Menderita resistensi insulin yang biasanya ditemukan pada penderita diabetes atau obesitas

 

Untuk mengetahui apakah Anda menderita batu ginjal atau tidak, terdapat beberapa jenis pemeriksaan yang dapat membantu seperti pemeriksaan CT scan, foto rontgen, USG, dan pemeriksaan urin rutin (urinalisis).

Selain itu, pemeriksaan darah juga dapat membantu mengetahui mineral mana yang kadarnya cukup tinggi di dalam tubuh, yang mungkin turut berperan dalam membentuk batu ginjal.

 

.

 

Sumber: webmd