Takut Sama Jarum Suntik? Ini 5 Cara Yang Dapat Anda Lakukan Supaya Nggak Sakit Saat Disuntik

293

Disuntik, adalah hal yang seringkali dirasa menakutkan oleh beberapa orang. Jangankan saat disuntik, melihat jarumnya saja sudah buat merinding, keringat dingin dan rasanya lemas. Hal ini terkadang membuat beberapa orang merasa takut saat disuntik dan mungkin juga termasuk Anda.

Padahal disuntik bisa jadi adalah hal yang tidak dihindarkan, kapan saja Anda harus mengalami hal ini. Mungkin Anda mengalami sakit yang memerlukan pengobatan suntik atau harus melakukan vaksinasi dan beberapa koendisi lain yang “memaksa” Anda untuk disuntik. Daripada Anda membiarkan rasa takut menghalangi Anda untuk tetap sehat, dibawah ini ada beberapa cara bagaimana agar tidak merasa sakit saat disuntik.

Berikut adalah caranya:

1.      Bersantai saat menunggu waktu disuntik

Saat dokter atau perawat menyiapkan proses penyuntikan, maka Anda akan menunggu sejenak. Pada saat ini maka Anda harus bisa menenangkan diri. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan seperti mendengarkan musik atau membaca. Cara ini akan membantu mengalihkan perhatian Anda.

2.      Fokuskan perhatian Anda ke tempat lain

Dalam keadaan sadar dan rasa ketakutan justru akan memicu rasa sakit semakin sakit. Sehingga cobalah untuk memfokuskan perhatian Anda ke tempat lain saat sedang disuntik. Seperti berpura-pura sedang berada di tempat lain dimana Anda sedang berlibur dan menikmati makanan yang nikmat, biarkan imajinasi Anda mengalir. Menyanyikan sebuah lagu dalam hati, saat Anda mengingat sesuatu maka Anda akan lupa bahwa Anda akan disuntik. Atau Anda bisa mengajak ngobrol dokter atau perawat untuk mengalihkan perhatian Anda.

3.      Jangan melihat jarumnya.

Saat akan disuntik, jangan pernah melihat jarumnya. Saat Anda melihat jarum, terutama bila ukurannya cukup besar. Hal ini justru akan menimbulkan rasa ketakutan dan membuat rasa suntikan semakin sakit. Jadi jangan melihat jarum saat menerima suntikan. Tutuplah mata Anda atau lihatlah ke arah lain

4.      Latihan pernapasan dan tahanlah napas Anda

Latihan pernapasan yaitu mengambil napas yang dalam dan menahannya selama 10 detik. Maka akan akan membantu. Lakukan sesaat sebelum suntikan dilakukan.

Saat akan disuntik tahanlah napas Anda selama beberapa detik, dimana hal ini akan meningkatkan tekanan darah, yang akan menurunkan sensitivitas sistem saraf. Sehingga dengan menahan napas bisa membantu mengurangi rasa sakit.

5.      Hindari mengencangkan otot Anda

Saat merasa takut seringkali orang akan mengencangkan ototnya. Padahal saat mengencangkan otot akan membuat rasa sakit lebih terasa, terutama pada suntikan intramuskular. Oleh karena itu jagalah agar otot tetap lemas.

Merasa tegang saat takut akan disuntik adalah hal yang wajar, tapi cara-cara diatas semoga dapat membantu Anda berdamai dengan jarum suntik. Perlu diingat agar terhindar dari risiko efek samping akibat penyuntikan, Anda hanya boleh disuntik oleh para tenaga medis yang mengerti bagaimana cara menyuntik yang baik.

Sumber: webmd