Tangan Gemetar Bisa Membuat Anda Merasa Terganggu, Ternyata Ini Alasan Mengapa Anda Bisa Mengalaminya

241

Apakah Anda pernah merasakan tangan Anda gemetar secara tiba-tiba. Hal ini memang bisa menganggu.

Penyebab paling umum dari tangan gemetar (tremor) adalah suatu kondisi yang disebut tremor esensial, yang terjadi karena adanya gangguan pada fungsi otak kecil.

Gejala dari tremor esensial adalah:

Tangan gemetaran saat melakukan aktifitas, suara bergetar saat berbicara, kesulitan berjalan, dan lainnya. Kondisi ini dapat diperberat oleh stres, kelelahan, kelaparan, kafein, rokok, dan suhu ekstrem.

Penyebab umum lainnya dari tangan gemetar meliputi:

Adanya gangguan medis, seperti

  • Kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau hipertiroid, suatu kondisi di mana metabolisme tubuh terlalu cepat sehingga akan cepat membakar terlalu banyak energi.
  • Bersumber dari: Penyebab Tremor (Gemetaran) dan Cara Mengatasi | Mediskus
  • Gangguan serebelum dapat diakibatkan oleh stroke, tumor, dan penyakit multiple sclerosis.
  • Penyakit Huntington

Efek samping obat

Secara khusus, beberapa obat asma, beberapa antidepresan, lithium dan beberapa obat penenang dapat menyebabkan kegoyahan jika Anda berhenti mengambil mereka tiba-tiba.

Overdosis kafein

Penggunaan kafein secara berlebihan dapat mempengaruhi sistem saraf. Yang menyebabkan  terlalu banyak energi dan tidak dapat menenangkan tangan Anda sehingga mengalami gemetar.

Gula darah rendah

Yang menyebabkan masalah karena saraf dan otot  kekurangan bahan bakar. gula darah rendah juga dapat terjadi setelah melakukan yang berlebihan.

Efek berhenti menggunakan alkohol atau zat lain

Dimana tubuh Anda sudah mengalami ketergantungan, apabila menghentikan penggunaan zat tersebut maka bisa menyebabkan keluhan yaitu salah satunya adalah tangan gemetar.

Stres, kecemasan dan kegelisahan yang memicu tangan gemetar.

Meskipun bukan masalah yang mengancam jiwa, tangan gemetar dapat membuat tugas-tugas yang Anda lakukan sehari-hari menjadi sulit. Jika kondisi ini menjadi parah, seseorang dapat mengalami kesulitan memegang cangkir atau gelas, sulit untuk makan secara normal, mencukur dan menulis.

Selain itu perlu dirasakan semakin mengganggu bisa jadi merupakan peringatan awal dari beberapa kondisi neurologis dan degeneratif.

Sebelum mencoba pilihan pengobatan, penting untuk menentukan penyebab dari tangan gemetar. Jika masalah ini disebabkan oleh kondisi medis yang mendasari, mengobati kondisi mengurangi atau menghilangkan tremor.

Beberapa hanya perubahan gaya hidup dan pengobatan rumah juga dapat membantu mengatasi gejala Anda misal dengan mengurangi stres, kurangi konsumsi kafein.

 

Sumber: top10homeremedies