Tekanan Darah Tinggi Gara-gara Gangguan Kulit???

133

Menurut sebuah penelitian, para penderita psoriasis berat memiliki resiko yang lebih tinggi untuk menderita tekanan darah tinggi yang tak terkendali.

Pada penelitian yang cukup besar ini, para peneliti mengamati lebih dari 13.000 orang dewasa di Inggris dan menemukan bahwa para penderita psoriasis berat memiliki resiko 48% lebih tinggi untuk menderita tekanan darah tinggi yang tak terkendali dibandingkan dengan orang lainnya yang tidak menderita gangguan kulit ini.

Pada penelitian ini para peneliti berhasil menemukan adanya suatu hubungan antara psoriasis dengan gangguan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Walaupun demikian, para peneliti masih belum dapat menemukan penyebab mengapa suatu gangguan kulit tertentu dapat mempengaruhi kesehatan jantung dan pembuluh darah seseorang. Selain itu, pada penelitian ini para peneliti juga tidak dapat menemukan bukti adanya hubungan sebab akibat di antara gangguan kulit tersebut dan tekanan darah tinggi.

Akan tetapi, para peneliti menduga peningkatan resiko terjadinya gangguan jantung dan pembuluh darah ini mungkin disebabkan oleh proses peradangan (inflamasi) kronik di dalam tubuh.

Psoriasis sendiri merupakan suatu gangguan kulit yang diduga disebabkan oleh kelainan sistem kekebalan tubuh, di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel kulit sehat (yang menyebabkan proses peradangan kronik di dalam tubuh), yang membuat kulit penderita menjadi tebal dan bersisik, yang seringkali juga terasa gatal atau nyeri.

Proses peradangan kronik yang mengenai pembuluh darah akibat kelainan sistem kekebalan tubuh inilah yang diduga dapat meningkatkan resiko terjadinya tekanan darah tinggi, gangguan jantung, dan stroke.

Para ahli memang telah lama mengetahui bahwa seorang penderita psoriasis memiliki resiko yang lebih tinggi terhadap tekanan darah tinggi, diabetes, gangguan jantung, dan stroke. Akan tetapi, penelitian ini menemukan bahwa walaupun para penderita psoriasis yang menderita tekanan darah tinggi telah secara teratur memeriksakan diri ke dokter dan mengkonsumsi obat, tekanan darahnya tetap sulit dikendalikan.

Oleh karena itu, para penderita pun perlu mengubah gaya hidupnya menjadi gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur, berhenti merokok, dan mengurangi konsumsi minuman beralkohol.

Pada penelitian ini, para peneliti menemukan bahwa dari 13.300 orang peserta penelitian yang menderita tekanan darah tinggi, lebih dari 1.300 orang di antaranya juga menderita psoriasis.

Para peneliti menemukan bahwa di antara para penderita yang menderita psoriasis berat (mengenai lebih dari 10% kulit) hampir 60% nya menderita tekanan darah tinggi yang tak terkendali dan memiliki resiko 48% lebih tinggi untuk menderita tekanan darah tinggi tak terkendali dibandingkan dengan orang yang tidak menderita psoriasis.

Sementara itu, para penderita psoriasis sedang (psoriasis mengenai setidaknya 3% kulit) memiliki resiko 20% lebih tinggi untuk menderita tekanan darah tinggi tak terkendali dibandingkan dengan orang yang tidak menderita psoriasis.

Pada penelitian ini, para peneliti juga telah mempertimbangkan dan menganalisis berbagai hal lainnya yang dapat menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi seperti berat badan, kebiasaan merokok, kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol, dan penggunaan obat-obatan tertentu yang dapat meningkatkan tekanan darah seseorang.

Sumber: webmd