Telepon Genggam Merusak Penglihatan Anda, Benarkah?

169

Apakah Anda sebagian besar waktu Anda di depan layar komputer, tablet, televisi, dan telepon genggam Anda? Bila ya, maka Anda mungkin sedang membuat mata Anda menderita. Setelah 2 jam mengamati berbagai alat canggih tersebut, mata Anda akan mulai terasa nyeri dan lelah, yang dapat menyebabkan mata menjadi merah, tegang, dan bahkan juga dapat menyebabkan nyeri pada daerah bahu dan kepala.

Apakah Anda juga menyadari bahwa segala sesuatu tampak kabur saat Anda mengalihkan pandangan Anda dari depan layar komputer Anda atau betapa merahnya mata Anda setelah menatap komputer atau telepon genggam Anda dalam waktu yang lama?

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan saat seseorang terus menatap layar, baik layar komputer, televisi, tablet, maupun telepon genggam, maka orang tersebut pun akan lebih jarang berkedip dibandingkan dengan saat orang tersebut menatap lingkungan sekitarnya atau membaca buku. Keadaan ini akan membuat mata Anda menjadi kering dan lebih tegang.

Selain itu, sebenarnya merupakan suatu hal yang sulit bagi mata untuk terus memfokuskan pandangan pada layar karena layar sebenarnya miring. Tulisan dan gambar yang sangat kecil pada layar telepon genggam dan tablet juga tidak membantu mata Anda bekerja dengan lebih baik. Hal ini hanya akan membuat mata Anda harus bekerja lebih keras untuk membaca dan melihat apa yang tertulis. Cahaya biru yang terpancar dari layar juga memiliki efek negatif pada kesehatan mata Anda.

Jadi bagaimana caranya menjaga kesehatan penglihatan Anda tanpa berhenti menggunakan berbagai benda elektronik tersebut? Berisitirahatlah sejenak dari layar alat elektronik Anda tersebut setiap 10-20 menit dengan cara alihkan pandangan Anda dari layar komputer atau telepon genggam Anda dan fokuskan pandangan Anda pada berbagai benda di kejauhan. Hal ini akan mengembalikan kedipan mata normal Anda dan mengembalikan kelembaban mata Anda.

The vision council menganjurkan agar setiap orang yang banyak menghabiskan waktunya di depan layar komputer atau televisi untuk melakukan aturan 20-20-20, yaitu setiap 20 menit alihkan pandanan Anda dari layar kaca selama 20 detik dan fokuskan pandangan Anda pada sesuatu hal sejauh 20 kaki (6 meter).

Selain itu, Anda juga dapat melakukan beberapa hal lainnya untuk mengurangi beban kerja mata Anda seperti:

  • Aturlah layar komputer Anda sehingga berada sejauh jangkauan tangan Anda dari mata Anda seperti saat Anda sedang membaca buku
  • Kurangi kesilauan layar komputer atau televisi atau telepon genggam Anda (jangan terlalu terang)
  • Gantilah latar belakang layar Anda dari warna putih ke warna abu-abu

Sumber: womenshealthmag