Telinga Kemasukan Serangga? Jangan Panik! Segera Lakukan Hal Berikut!

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

357

Pernahkah telinga Anda kemasukan serangga? Kejadiannya dapat terjadi di mana saja, kapan saja, dan pada siapa saja: di rumah, taman bermain, sekolah; saat mengikuti perkemahan, mengusir serangga yang sedang menggangu, bahkan saat tidur. Kejadian ini umumnya akan membuat seseorang panik. Dan tidak jarang, dalam kepanikan tersebut, ia justru melakukan hal-hal yang bukan membuat serangga keluar, tetapi malah mendorongnya masuk dan bahkan melukai telinga. Lalu bagaimana cara mengatasinya saat hal tersebut terjadi? Simak langkah-langkah berikut ini.

Tetaplah Tenang, Jangan Panik!

Kaget adalah respon paling wajar saat kejadian telinga kemasukan serangga terjadi. Tetapi, segera kuasai dan tenangkan diri Anda. Hal ini untuk menjaga agar Anda tidak membuat gerakan-gerakan berlebihan yang justru menyebabkan serangga semakin masuk ke dalam saluran telinga.

Jangan Memasukkan Jari atau Benda Lainnya!

Secara refleks, seseorang biasanya akan mencari cara untuk mengeluarkan serangga sesegera mungkin, mengorek telinga menggunakan tangan tidak jarang menjadi pilihan paling cepat, tetapi tidak tepat! Jangan pernah memasukkan tangan, cutton bud, ataupun benda lain untuk tujuan tersebut. Selain akan membuat semakin terdorongnya serangga ke dalam telinga, hal tersebut juga dapat merangsang serangga untuk menyerang dengan menyengat telinga Anda.

Gunakan Gravitasi

Tarik dengan lembut daun telinga Anda ke arah belakang untuk meluruskan salurang telinga. Kemudian goyangkan kepala sehingga telinga yang kemasukan serangga mengarah ke bawah. Dengan cara ini, serangga diharapkan dapat keluar saat kepala digoyangkan ke bawah oleh karena gaya gravitasi.

Gunakan Cahaya Terang

Arahkan lubang telinga yang kemasukan serangga ke arah cahaya matahari, lampu ruangan atau cahaya senter. Pada umumya, serangga akan tertarik mengikuti arah sumber cahaya dan akan keluar dengan sendirinya. Namun perlu menjadi catatan bahwa beberapa jenis serangga yang justru bertindak sebaliknya. Jika Anda merasa semakin tidak nyaman, segera alihkan dari sumber cahaya.

Menggunakan Minyak atau Air Hangat

Ambil air hangat (bukan panas) atau minyak yang tidak mengiritasi seperti baby oil, minyak zaitun, minyak sayur dsb. Miringkan kepala sehingga sisi telinga yang kemasukan serangga menghadap ke atas. Tetesi telinga dengan air hangat atau minyak yang telah disiapkan. Hal ini dilakukan untuk membuat serangga tenggelam dalam minyak atau air yang dimasukkan, sehingga lebih mudah untuk mengeluarkannya. Setelah itu, hadapkan kepala pada sisi telinga yang kemasukan serangga ke bawah untuk mengeluarkan air hangat atau minyak dari telinga. Perhatikan apakah serangga telah berhasil dikeluarkan atau tidak. Jika yang keluar adalah bagian dari tubuuh serangga, ulangi langkah sebelumnya hingga bersih. Terakhir, bilas telinga dengan air hangat dengan cara yang sama.

Cara-cara tersebut, khususnya cara terakhir, dapat dilakukan bila Anda tidak memiliki gangguan di telinga sebelumnya. Bila Anda telah memiliki riwayat gangguan telinga, sedang menggunakan alat bantu dengar, atau Anda merasakan gendang telinga Anda terluka, maka segeralah memeriksakan diri ke dokter tanpa mencoba langkah-langkah tersebut terlebih dahulu. Hal ini juga perlu Anda lakukan segera bila Anda terbebas dari hal-hal tersebut tetapi serangga belum juga dapat dikeluarkan atau kondisi semakin memburuk. (HM/CM)

Sumber:

  1. https://hellossehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/pertolongan-pertama-telinga-kemasukan-serangga/
  2. https://www.mayoclinic.org/first-aid/first-aid/basics/art-20056709
  3. https://www.healthline.com/health/bug-in-ear#prevention

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store