TERAPI PIJAT DAN COMMON COLD PADA ANAK

15

Common cold adalah infeksi virus pada hidung dan tenggorokan. Hidung tersumbat dan berair adalah gejala utama dari common cold, gejala lain yaitu batuk dan nyeri pada tenggorokan. Anak sangat rentan untuk mengalami common cold, terutama karena tertular oleh orang dewasa. Selain itu, bayi dan anak yang masih kecil belum cukup mengembangkan sistem kekebalan terhadap banyak infeksi. Dalam tahun pertama kehidupan, kebanyakan bayi menderita hingga tujuh pilek; atau mungkin lebih banyak jika mereka sering berada di tempat umum.

Perawatan untuk common cold pada anak yaitu dengan mengurangi gejala-gejalanya, seperti dengan memberikan cairan, menjaga udara tetap lembab, dan membantu menjaga saluran hidung tetap terbuka. Anak yang sangat kecil (usia < 3 bulan) harus pergi ke dokter pada flu pertamanya untuk memastikan bahwa gejala tersebut bukan merupakan croup, pneumonia atau penyakit serius lainnya, terutama jika didapatkan adanya demam.

Beberapa perawatan untuk common cold pada anak dapat dipraktekkan di rumah, di antaranya:

  • Berikan anak cairan. Cairan penting untuk menghindari dehidrasi. Cairan tidak perlu berlebihan, cukup dengan kebutuhan harian minum air putih. Jika anak masih menyusu, berikan ASI kapanpun anak merasa haus. ASI memberikan perlindungan dari virus penyebab common cold.
  • Menjaga udara tetap lembab. Pastikan bahwa ventilasi cukup terbuka untuk memastikan sinar matahari masuk ke ruangan dan menjaga suhu udara yang baik.
  • Mengencerkan lendir. Obat-obatan pengencer lendir seperti nasal dekongestan atau mukolitik mungkin akan diresepkan oleh dokter untuk membantu mengurangi gejala common cold.
  • Cukup beristirahat. Common cold dapat sembuh lebih cepat jika tubuh mendapatkan nutrisi dan istirahat yang cukup, sehingga sistem imun dapat bekerja dengan lebih maksimal.

Ketika anak mengalami common cold, mereka mungkin mengeluhkan adanya nyeri otot atau pegal. Rasa pegal ini merupakan akibat dari peradangan yang terjadi ketika sistem imun berusaha melindungi tubuh dari rangsangan yang berbahaya. Peradangan adalah tanda bahwa tubuh sedang mencoba untuk menyembuhkan dirinya sendiri, tetapi rasa pegal tersebut tentu tidak nyaman bagi anak.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa pegal tersebut, salah satunya adalah terapi pijat. Terapi pijat dapat bermanfaat bagi semua kelompok umur, mulai dari bayi, anak, remaja, dewasa, dan lanjut usia. Manfaat umum dari pijat adalah didapatkannya relaksasi yang mengurangi ketegangan otot dan rasa sakit, serta meningkatkan mobilitas.

Selain itu, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa terapi pijat dapat membantu mengurangi stress, baik pada anak maupun orang dewasa. Penelitian juga menunjukkan bahwa terapi pijat pada anak dapat mengurangi kecemasan dan depresi. Penurunan tingkat stress dapat membantu untuk mendapatkan tidur dan istirahat yang baik.

Kontraindikasi untuk pijat pada anak adalah jika mereka mengalami demam, infeksi akut, bengkak, luka terbuka, atau diabetes aktif. Selain itu, pastikan apakah anak merasa nyaman untuk dipijat. Perlu diingat bahwa pijat harus dilakukan oleh terapis yang sudah terlatih (memiliki sertifikat dari Lembaga Sertifikasi Kompetensi yang berwenang). Selain itu, pijat tidak disarankan dilakukan pada bagian depan tubuh (dada, perut, kandung kemih, dan organ genitalia). (BEL)

Sumber:

  1. Mayo Clinic Staff. 2019. Common cold in babies. Available at: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/common-cold-in-babies/diagnosis-treatment/drc-20351657
  2. Martuccio, C. 2018. How Children Benefit from Massage Therapy. Available at: http://www.winhealth.ca/new-blog/2018/7/3/how-children-benefit-from-massage-therapy
  3. Nurofen. 2016. How to Massage Your Little One’s Body Aches. Available at: https://www.nurofen.com.au/pain-advice/general-aches-pains/how-to-massage-your-little-one-s-body-aches/
  4. National University of Health Sciences. 2013. When It’s Not a Good Idea to Get a Massage. Available at: https://www.nuhs.edu/news/2013/9/when-it%E2%80%99s-not-a-good-idea-to-get-a-massage/