Tes Medis Penting Untuk Sehat Sempurna

203

Pemeriksaan pencegahan atau pemeriksaan rutin merupakan cara paling efektif untuk menemukan dan mengobati penyakit dan memastikan tubuh dalam kondisi yang baik. Ada beberapa pemeriksaan darah rutin atau prosedur skrining yang dapat digunakan untuk mendeteksi berbagai masalah medis pada tahap awal sebelum tersebar ke seluruh tubuh.

Beberapa tes direkomendasikan untuk dilakukan secara reguler, misalnya:
•  Complete blood count (CBC) atau hitung darah lengkap
Tes ini merupakan lini pertama dari tes skrining , yang bisa mengindikasikan apakah seseorang terkena infeksi atau anemia.
•  Level kolesterol
Saat ini semua orang sudah mengetahui apakah itu kolesterol jahat atau kolesterol baik. Tes ini akan mengindikasikan level dari masing kolesterol. Semakin tinggi level kolesterol jahat, semakin tinggi juga resiko terserang penyakit jantung seperti penyakit jamtung koroner.
•  Tes skrining untuk wanita, serviks dan payudara
Pemeriksaan skrining dapat menemukan sel kanker pada stadium dini, sehingga akan lebih mudah diobati. Kematian yang disebabkan oleh kanker serviks dan payudara bisa dihindari dengan pemeriksaan skrining yang teratur
•  Tes skrining untuk pria, prostat
Kanker prostat merupakan jenis kanker yang paling banyak pada pria. Tetapi kanker prostat juga salah satu jenis kanker yang paling mudah diobati jika ditemukan pada stadium awal. Oleh karena itu skrining prostat sangat penting untuk dilakukan.

Sumber: healthmeup