Tetap Berolahraga Di Hari Tua

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

171

Seiring bertambahnya usia, wajar saja bila kondisi dan fungsi tubuh pun makin menurun. Tak heran bila pada usia lanjut, semakin banyak keluhan yang dilontarkan karena tubuh tak lagi mau bekerja sama dengan baik seperti kala muda dulu. Untuk menghindari keluhan dan masalah yang muncul pada lansia, sebaiknya lansia melakukan kegiatan sesuai kemampuannya saja, tak harus memaksakan diri untuk melakukan kegiatan berat.

Aktivitas fisik dalam bentuk latihan-latihan fisik terstruktur telah banyak terbukti memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan usia harapan hidup, mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker, serta menurunkan risiko penurunan kognisi. Pemerintah di beberapa negara telah menyadari pentingnya dan besarnya dampak in-aktifitas fisik pada kesehatan dan besarnya biaya yang harus dikeluarkan akibat sakit, sehingga mendorong Pemerintah untuk membuat panduan global dan nasional untuk suatu program aktivitas fisik bagi seluruh masyarakat.

Anda mengajarkan kepada ibu atau bapak Anda yang telah lanjut usia beberapa aktivitas fisik atau olahraga di bawah ini:

  1. Latihan Aerobik

Lansia direkomendasikan melakukan aktivitas fisik, setidaknya selama 30 menit pada intensitas sedang hampir setiap hari dalam seminggu. Berpartisipasi dalam aktivitas seperti berjalan, berkebun, melakukan pekerjaan rumah dan naik turun tangga dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Bagi lansia yang tidak terlatih harus mulai dengan intensitas rendah dan peningkatan dilakukan secara individu berdasarkan toleransi terhadap latihan fisik.

  1. Pekerjaan rumah dan berkebun

Kegiatan ini dapat memberikan suatu latihan yang dibutuhkan unutk menjaga kesegaran jasmani. Akan tetapi harus dikerjakan secara tepat agar nafas sedikit lebih cepat, denyut jantung lebih cepat, dan otot menjadi lelah. Dengan demikian tubuh kita akan mengeluarkan keringat.

  1. Latihan menguatkan pergelangan tangan

Letakkan tangan anda di lengan kursi. Genggam beban seperti botol berisi air dengan telapak tangan menghadap keatas. Perlahan tekuk pergelangan tangan keatas dan kebawah. Ulangi 10 – 15 kali. Lakukan pada tangan yang lain. Lakukan 2 set untuk masing masing tangan.

  1. Latihan Keseimbangan

Latihan keseimbangan dilakukan untuk membantu mencegah lansia jatuh. Latihan keseimbangan dilakukan setidaknya 3 hari dalam seminggu. Caranya berjalan satu garis lurus dengan menempatkan tumit kaki kanan tepat didepan jari kaki kiri dan lakukan untuk kaki sebaliknya. Tidak hanya melatih keseimbangan latihan ini juga baik untuk membantu menguatkan paha, pinggul, dan bokong.

Ingat, aktivitas fisik yang sesuai porsi dan usia dapat berkontribusi dalam meningkatkan daya tahan tubuh, melatih kekuatan, dan keseimbangan bagi lansia. Selamat menjadi lansia yang sehat, mandiri, dan bahagia. (RA/CM)

DAFTAR PUSTAKA

  1. http://www.konilife.com/articles/aktivitas-fisik-untuk-lansia\
  2. http://www.academia.edu/5943881/AKTIVITAS_FISIK_PADA_LANJUT_USIA

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store