Tetap Bugar Saat Berpuasa

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi, Tanpa Antri

223

 

Beberapa saat lagi kita akan memasuki Bulan Suci Ramadhan, sudah siapkah kita? Apa saja sih yang harus kita siapkan untuk menyambut bulan Ramadhan? Selain mempersiapkan keimanan dan ketakwaan, tentu saja tidak kalah penting kita harus menyiapkan fisik.

Dalam bulan Ramadhan kita tetap melakukan aktivitas seperti biasa, sementara berpuasa menuntut tubuh kita tetap fit agar dalam melakukan rutinitas seharian itu kita tidak terhambat oleh perasaan lemas, letih, lesu atau bahkan terserang penyakit. Jadi bagaimanakah membuat kita tetap bugar pada saat berpuasa? Berikut ini trik-trik yang bisa kamu coba :

  • Saat sahur

Konsumsilah makanan yang kaya karbohidrat kompleks seperti oatmeal, beras merah, dan kentang. Karbohidrat kompleks membuat kita lebih kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Tap, jangan lupa juga untuk mengkonsumsi protein serta buah-buahan pada saat sahur.

  • Saat berbuka puasa

Sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW berbuka puasa dengan kurma dan air putih sudah cukup untuk mengisi perut. Hindarilah berbuka puasa dengan makanan “berat” karena akan menyebabkan tubuh kita malah terasa lemah padahal masih ada ibadah yang wajib kita lakukan yaitu sholat Isya dan Tarwih.  Konsumsi air putih yang cukup setelah berbuka akan menjaga stamina kita agar tetap fit.

  • Saat makan malam

Makan malam dapat dilakukan setelah sholat Magrib atau setelah sholat Tarwih. Jangan lupa untuk mengkonsumsi menu dengan gizi seimbang, dan jangan berlebihan. Pada saat berbuka dan makan malam hindarilah konsumsi minuman seperti teh manis, kopi atau soda. Minum air putih akan membuat tubuh kita tetap terhidrasi.

  • Olahraga

Untuk kamu yang rutin berolahraga, di bulan Ramadhan kamu tetap bisa melakukannya. Pilih jenis olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda dan melakukan gerakan yoga ringan. Olahraga yang membutuhkan energy yang besar harus dihindari seperti lari dan angkat beban karena hal ini bisa membuat tubuh kamu dehidrasi.

  • Istrahat yang cukup

Bulan Ramadhan bulan yang penuh dengan ibadah, disetiap waktu bernilai pahala, mulai saat terbitnya fajar sampai saat malam tiba. Hindarilah melakukan aktivitas yang tidak bermanfaat pada saat berpuasa. Jika ada kesempatan manfaatkan untuk beristrahat.

Nah, sudah cukup kan amunisi “ilmunya” untuk persiapan puasa? Mari persiapkan diri kita untuk menyambut Ramadhan penuh berkah. (EDA/CM)


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store