Tetap Cantik Di Usia Tua

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

211

Semakin bertambah usia, semakin berubah juga kondisi kulit. Mungkin Anda menyadari bahwa ketika masih muda maka kulit terlihat mulus dan sangat kencang. Lalu ketika Anda mencapai umur 30 tahun maka semua kondisi kulit berubah dengan cepat. Ada banyak kerutan dan bintik hitam yang muncul pada wajah.

Masalah ini memang sulit dicegah sebab berbagai tanda penuaan tentu bisa terjadi pada usia tertentu. Perubahan fisik lain yang tampak pada pertambahan usia adalah perubahan elastisitas kulit yang menyebabkan kulit jadi tampak kendur. Hal tersebut terjadi karena kadar air sedikit, kolagen menjadi kurang larut, kulit menjadi tipis, kering dan juga terlihat keriput. Namun jika ingin tetap terlihat cantik di usia tua, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, diantaranya adalah:

  1. Konsumsi makanan sehat sejak usia muda

Perawatan pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencoba untuk mengkonsumsi makanan sehat yang penting untuk kulit. Perawatan ini perlu dilakukan sejak masih muda untuk membantu mengelola kesehatan kulit sejak awal. Ada beberapa jenis makanan yang sangat penting untuk kulit seperti semua jenis sayuran hijau, kelompok buah berri, kacang-kacangan sehat, biji-bijian, minyak sehat dan asam lemak omega 3. Buah yang bisa dikonsumsi sehari-hari misalnya seperti alpukat dan melon. Selain itu konsumsi karbohidrat juga harus dibatasi sejak awal agar tidak terkena penyakit diabetes.

  1. Selalu mencukupi kebutuhan air mineral

Air sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit karena kulit membtuhkan air. Air bisa membuat sel-sel kulit melakukan regenerasi dengan baik. Kemudian air juga bisa membantu mmbersihkan tubuh dari racun sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Air tidak hanya untuk kesehatan kulit tetapi juga untuk mengelola ginjal dan jantung yang lebih sehat.

  1. Menjaga kulit dari sinar matahari

Bagian kulit yang sering terkena sinar matahari biasanya akan menjadi kecoklatan lalu muncul bintik hitam. Karena itu ketika Anda keluar rumah maka cobalah untuk melindungi kulit dengan jaket, kain atau payung.

  1. Biasakan tidur terlentang

Kebiasaan tidur cukup dan cara tidur yang tepat sangat baik untuk membantu mengatasi keriput dan bekas pada kulit. Ketika Anda mencoba untuk tidur dengan posisi telentang maka bagian kulit wajah mendapatkan tarikan dari posisi tersebut.

  1. Hindari alkohol dan rokok

Bahkan rokok bisa membuat bintik hitam pada kulit menjadi lebih parah. Sementara alkohol sering menyebabkan sel tubuh memburuk atau mengalami penuaan lebih cepat. Efeknya bisa membuat kulit menjadi kusam dan tidak bersinar.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat kulit tetap cantik di usia tua. Ingat, tidak ada yang instan, semua cara baik dilakukan sejak usia muda agar tetap cantik di usia tua nanti. (EDA)

Sumber:

  1. Bagaimana Merawat Kecantikan Kulit Untuk Lanjut usia? https://tipsperawatancantik.com/bagaimana-merawat-kecantikan-kulit-untuk-lanjut-usia/
  2. Perawatan Kulit Pada Usia Lanjut. https://rsud.bontangkota.go.id/2016/12/13/perawatan-kulit-pada-usia-lanjut/
  3. Bintik Usia, Jadi Pertanda Penuaan Bahkan Kanker Kulit. https://m.liputan6.com/health/read/639859/bintik-usia-jadi-pertanda-penuaan-bahkan-kanker-kulit
  4. Ini Yang Terjadi Pada Kulit di Usia Lanjut. https://perdoski.org/news/217-ini-yang-terjadi-pada-kulit-di-usia-lanjut

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store