Tetap Fit Saat Travelling

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi, Tanpa Antri

236

Traveling tentu saja menyenangkan! Selama ini orang selalu menganggap traveling identik dengan bersantai dan makan sepuas-puasnya; sebagian orang bahkan meninggalkan aktivitas latihan rutin atau olahraga mereka saat traveling. Namun hal ini salah besar, traveling harusnya tetap membuat kita makan sehat dan tetap aktif.

Bagaimana untuk menjaga tetatp fit saat traveling?

  1. Mulai dengan Sarapan Sehat

Sarapan sehat dan dalam porsi yang cukup menjadi pompa metabolisme untuk memulai kegiatan traveling Anda!

  1. Minum Satu Yogurt/hari

Yogurt merupakan sarapan yang mudah didapatkan dan tidak mahal, rasanya pun enak. Yogurt membantu mengatur sistem pencernaan dan mencegah diare serta kembung.

  1. Air putih

Air putih mencegah dehidrasi, terutama jika melakukan traveling di musim panas. Jangan lupa untuk selalu minum air saat berada di pesawat, mengingat udara dalam pesawat lebih kering dari udara normal dan mengakibatkan dehidrasi. Kecukupan cairan ini akan mengurangi kemungkinan terjadinya jetlag dan masalah kesehatan lainnya.

  1. Minum Teh

Teh mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari polusi.

  1. Perhatikan makanan Anda

Sesuatu yang terlihat baik dan lezat tidak selalu sehat. Oleh karena itu, perhatikan jenis makanan Anda saat traveling.

  1. Terus bergerak
  • Salah satu resiko kesehatan yang bisa terjadi dalam perjalanan jauh adalah terjadinya penggumpalan darah di kaki akibat terlalu lama duduk. Jadi, manfaatkan rest areauntuk beristirahat dan menggerakkan anggota tubuh barang sejenak. Peregangan kaki juga perlu kamu lakukan saat kamu bepergian menggunakan pesawat dengan durasi lebih dari 3 jam.
  • Biasakan untuk jalan kaki jika jaraknya dekat. Berjalan merupakan olahraga ringan dan dapat membakar kalori.
  1. Mengenali lingkungan sekitar

Mempelajari geografis, kebiasaan penduduk setempat, alamat instansi penting (kantor polisi, rumah sakit, terminal, stasiun, dll) sama pentingnya dengan  mengetahui tentang tempat makan yang paling banyak dikunjungi dan obyek wisata menarik di wilayah tersebut.

  1. Memanfaatkan tempat traveling untuk berolahraga

Anda tentunya memilih lokasi yang memiliki daya Tarik tertentu untuk traveling, sebagian besar objek wisata traveling terletak di gunung dan laut. Cobalah mencari aktivitas olahraga yang dapat dilakukan di sana, misalnya: berenang, diving, selancar air, ataupun hiking.

  1. Stok obat

Selalu siapkan obat-obatan pribadimu saat traveling! Migrenmu bisa saja datang seketika dan merusak seluruh rencanamu. Biasakan juga membawa multivitamin atau suplemen dan hand sanitizer di dalam tasmu!

  1. Istirahat cukup

Tempat yang dikunjungi tentunya sangat menarik dan bisa membuat kita bertemu dengan banyak teman baru untuk nongkrong di suatu tempat sampai pagi. Kalau hanya sesekali, mungkin tidak apa-apa. Namun, tubuh perlu istirahat karena traveling belum berakhir dan sesudah traveling nantinya, kita akan kembali ke rutinitas sehari-hari.

So, keep on healthy and enjoying your traveling time wisely! Jangan sampai sepulang dari bepergian kita malah jatuh sakit. (LM/CM)

Referensi

  1. Molz, J. (2006). Cosmopolitan Bodies: Fit to Travel and Travelling to Fit. Body & Society, 12(3), 1-21. https://dx.doi.org/10.1177/1357034×06067153
  2. Travel Articles – Staying Fit When You Travel. (2018). Trip.ustia.org. (https://trip.ustia.org/health/articles/1216/staying-fit-when-you-travel/)
  3. 6 tips to stay fit when you travel | DESTINY Magazine. (2018). DESTINY Magazine. (https://destinyconnect.com/2018/03/09/six-tips-stay-fit-travel/)
  4. 20 Tips For Staying Fit While Traveling. (2018). HuffPost. (https://huffingtonpost.com/entry/20-tips-for-staying-fit-while-traveling-from-a-full_us_57c7fa39e4b0b9c5b73757fc)

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store