Tetap “Langsing” Saat Lebaran

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

201

Hai, sebentar lagi lebaran lho!  Wah…makanan lezat nan gurih bertebaran dimana-mana, bener-bener surganya para pecinta kuliner. Ada beberapa orang yang sudah berhasil menurunkan berat badannya sembari menjalankan puasa sebulan kemarin, tetapi begitu Lebaran “menyapa” maka tanpa ragu semua hidangan yang tersedia dilahap begitu saja seakan-akan menjadi ajang “balas dendam: setelah menahan lapar selama sebulan.  Akibatnya, berat badan dapat naik tanpa terkontrol, jumlahnya bisa lebih banyak daripada berat badan yang turun selama bulan puasa.

Nah, jadi bagaimana caranya menikmati hidangan selama Lebaran dan tetap langsing? Berikut tips dalam memilih makanan agar berat badan kamu stabil selama Lebaran.

  • Gunakan piring kecil

Sadar atau tidak, ukuran piring ternyata mempengaruhi jumlah porsi makan lho. Trik ini bisa diterapkan saat menyantap hidangan lebaran. Keinginan makan biasanya muncul saat kita melihat banyak ruang kosong dalam piring kita.

  • Selektif dalam memilih makanan

Ingat, tidak semua jenis makanan harus kita cicipi pada saat lebaran. Jauhilah makanan yang bersantan, berlemak atau gorengan. Batasi juga makanan manis seperti cake dan cokelat.

  • Kontrol jumlah karbhidrat yang kita makan

Lontong, ketupat, buras, nasi menjadi menu tahunan setiap lebaran yang sangat kita rindukan setelah berpuasa 1 bulan penuh. Tetapi  tidak berarti kita harus menyantap setiap hidangan lontong ketupat yang kita jumpai. Batasi jumlahnya, karena semua jenis makanan tersebut mengandung karbohidrat yang tinggi.

  • Makan secara perlahan

Jangan makan secara tergesa-gesa, dengan makan perlahan perut akan kenyang lebih cepat.

  • Jangan lupa konsumsi buah dan sayur

Konsumsi buah dan sayur tetap merupakan kewajiban, jangan terlewati. Kandungan serat pada buah dan sayur akan melancarkan pencernaan serta mampu menurunkan kadar kolesterol.

Tetap atur pola makan ya agar badan tetap ideal ketika lebaran berakhir. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. (EDA/CM)

Sumber :


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store