Tetap Sehat Dan Aktif Di Usia Lanjut

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

298

Saat seseorang mencapai usia lanjut, maka dia akan mengalami proses penuaan yang berdampak pada aspek kesehatan, dimana tubuhnya lebih rentan terhadap berbagai keluhan fisik dan psikis. Seorang lansia bukan hanya mengalami perubahan fisik, namun juga mengalami perubahan hidup lainnya, misalnya perubahan karir dan pensiun, hidup terpisah dengan anak-anak yang sudah berkeluarga, serta mungkin saja kehilangan orang yang dicintai. Menangani perubahan hidup dengan cara positif merupakan kunci untuk tetap hidup sehat dan aktif di usia lanjut.

Bagaimana cara agar tetap sehat dan aktif di usia lanjut? Pasti kita ingin dapat menikmati hidup tua dengan keadaan yang  berkualitas bukan? Berikut tipsnya.

  1. Merencanakan diet yang sehat

Metabolisme yang menurun, pencernaan yang lebih lambat, dan perubahan dalam rasa dan bau dapat mempengaruhi selera makan lansia, oleh karenanya sangat penting untuk makan sehat untuk menjaga energi dan kesehatan secara keseluruhan. Makanan yang dianjurkan:

  • Protein didapatkan dari unggas, ikan dan telur yang merupakan pilihan rendah lemak.
  • Karbohidrat didapatkan dari buah, sayuran, dan biji-bijian.
  • Lemak didapatkan dari daging yang kurang berlemak dan menggunakan minyak zaitun saat memasak.
  • Minum banyak air untuk mencukupi cairan yang dibutuhkan dan juga dapat mencegah dehidrasi. Orang dewasa yang lebih tua rentan terhadap dehidrasi.
  1. Latihan setiap hari

Kebanyakan lansia tidak mendapatkan aktivitas fisik yang cukup karena khawatir mengalami cedera. Tetapi tahukah bahwa lebih berbahaya jika tidak berolahraga dibandingkan khawatir dilakukannya aktivitas fisik yang cukup. Untuk memulai dengan rutinitas latihan, maka perlu:

  • Periksa ke dokter untuk mengetahui apakah ada batasan fisik yang diketahui
  • Lakukan aktivitas yang disukai, seperti berjalan kaki
  • Lakukan fleksibilitas dan latihan kekuatan otot.
  • Ingatlah batasan fisik. Jangan terlalu memaksakan diri. Jika merasa pusing atau nyeri dada, segera hentikan aktivitas dan hubungi dokter jika khawatir.
  1. Istirahat yang cukup dengan mendapatkan tidur yang baik (tidur nyenyak)

Banyak lansia yang mengeluhkan masalah tidur termasuk insomnia, kantuk di siang hari, dan sering terbangun di malam hari. Berikut adalah tips agar dapat tidur nyenyak:

  • Tingkatkan kadar melatonin secara alami pada malam hari.

Melatonin adalah suatu hormon yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh dan mengurangi stress. Untuk itu gunakan lampu dengan listrik yang rendah, matikan TV dan komputer setidaknya satu jam sebelum tidur atau tidur dengan keadaan lampu dimatikan.

  • Pastikan kamar tidur tenang, gelap, sejuk, dan memiliki tempat tidur yang nyaman.
  • Tidur lebih awal.
  • Tingkatkan aktivitas di siang hari.
  1. Tetap bersosialisasi

Tetap sehat juga bisa didapatkan dengan melibatkan diri, menjaga kesibukan dan menjaga hubungan dengan teman dan keluarga.

  1. Menjaga pikiran tetap aktif

Semakin aktif bersosialisasi dan aktif mengasah otak atau pikiran, maka semakin banyak manfaat yang didapatkan. Terutama jika lansia sudah pensiun dari pekerjaannya.

  1. Rutin kontrol ke dokter

Ingat bahwa deteksi dini adalah kunci untuk melawan sebagian besar penyakit.

Dengan tips diatas seorang lansia akan bisa tetap sehat, mandiri, dan berdaya guna sehingga tidak menjadi beban bagi dirinya sendiri, keluarga, maupun masyarakat. (LM/CM)

Referensi

  1. Aging Well: Tips for Staying Healthy and Happy as You Age. (2018). Helpguide.org. from https://helpguide.org/articles/alzheimers-dementia-aging/staying-healthy-as-you-age.htm
  2. Illario, M., Vollenbroek-Hutten, M., Molloy, D., Menditto, E., Iaccarino, G., & Eklund, P. (2016). Active and Healthy Ageing and Independent Living 2016. Journal Of Aging Research, 2016, 1-3. https://dx.doi.org/10.1155/2016/8062079
  3. Maintaining an Active and Healthy Lifestyle | ASC Blog. (2018). ASC. 2018, from https://ascseniorcare.com/maintaining-active-lifestyle

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store