Tidak Bisa Ditutupi Lagi, Ini Tanda Bila Anda Mengalami Depresi. Coba Cek Deh!

408

Mungkin Anda sering mendengar kata-kata orang mengatakan bahwa dirinya mengalami depresi setiap kali sedang mengalami masalah yang kecil dan sepele. Sedikit-sedikit mengatakan depresi atau mungkin Anda sendiri juga begitu?

Padahal bila Anda memahami dengan benar apa depresi itu maka adalah suatu yang keadaan yang lebih fatal. Depresi adalah sebuah kondisi gangguan psikologis dengan ciri adanya perasaan sedih atau kekosongan mendalam

Seseorang yang mengalami depresi bisa melakukan hal yang nekat seperti melukai diri sendiri atau bahkan mencoba untuk bunuh diri. Oleh karena itu sebelum Anda panik atau melakukan sesuatu yang tidak baik.

Penting untuk Anda ketahui bagaimana tanda seseorang mengalami depresi atau mungkin Anda yang mengalami depresi tersebut. Sehingga Anda bisa langsung melakukan konsultasi dengan psikiater.

Berikut adalah beberapa tanda bila Anda mengalami depresi:

Depresi merubah cara Anda berpikir

Saat Anda merasa tertekan bahkan oleh sebuah masalah yang kecil dan sepertinya mudah diatasi. Anda bisa merasakan keinginan untuk bunuh diri dan keinginan ini rasanya memaksa begitu kuat di kepala Anda. Bila Anda mengalami hal ini maka segera lakukan konsultasi dengan psikiater.

Anda menjadi sangat egois

Saat seseorang mengalami depresi dapat membuatnya menjadi sangat egois dan tidak ingin memikirkan kondisi orang lain bahkan untuk orang yang disayanginya. Kondisi depresi membuat Anda merasa terpuruk dan hanya Anda yang perlu diperhatikan bukan orang lain.

Depresi juga bisa disebabkan oleh gangguan kecemasan atau dapat menjadi penyebab gangguan kecemasan

Studi menunjukkan bahwa depresi yang dialami oleh banyak orang adalah karena kecemasan dalam waktu yang lama. Hal ini sangat membantu untuk mendapatkan diagnosis ketika Anda merasa tertekan.

Emosional dan mudah meledak

Setiap saat Anda merasa begitu tertekan, setiap masalah yang dihadapi bisa memicu tangisan atau kemarahan Anda. Sehingga dengan mudahnya Anda bisa memaki atau bahkan memukul orang lain.

Sulit tidur

Pola tidur Anda sering terganggu? Bisa jadi ini juga merupakan tanda Anda mengalami depresi. Kondisi dimana Anda merasa sangat tertekan membuat pikiran Anda melayang dan tidak pernah tenang sehingga menjadi sulit tidur.

Merasa diri sudah tidak berharga

Meski banyak orang yang sayang pada Anda, tapi Anda merasa diri Anda sudah tidak berharga. Seolah-olah Anda sudah tidak memiliki kemampuan lagi. Apapun yang Anda lakukan Anda adalah orang yang salah dan tidak berguna.

Bila Anda mengalami kondisi ini secara terus menerus, jangan didiamkan saja. Anda perlu , bantuan. Bantuan dari orang terdekat, sahabat baik dan juga tenaga medis.

 

Sumber: webmd