Tidak Bisa Lepas Handphone? Awas Gangguan Jiwa

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

152

Di era kemajuan tekhnologi seperti saat ini, sudah menjadi hal yang wajar ketika setiap orang memiliki gadget atau gawai sebagai barang yang selalu mereka bawa kemanapun berada. Bahkan, tidak jarang satu orang bisa memiliki lebih dari satu gadget. Kehadirannya di tengah masyarakat tidak memandang usia, balita juga terkadang sudah diperkenalkan sejak dini oleh orang tuanya. Segala jenis aplikasi di dalamnya, termasuk game, memberikan dampak positif dan negatif. Salah satu dampak negatif yang saat ini dirasa yaitu kecanduan gadget termasuk juga kecanduan games. WHO mulai memasukan kecanduan games sebagai salah satu penyakit jiwa dengan sebutan game disorder.

Apakah tandanya?

Tanda-tanda anda termasuk kecanduan gadget yaitu:

  • Kurang konsentrasi
  • Perhatian atau fokus sering teralih
  • Memiliki gangguan ingatan/ memory dan masalah dalam pengambilan keputusan
  • Mulai merasa gejala sering sakit kepala, masalah mata dan sakit punggung
  • Mengalami stres, kecemasan dan gangguan komunikasi

Salah satu aplikasi dalam handphone yang sering menjadi penyebab orang terfokus pada gadgetnya adalah banyaknya permainan yang disuguhkan. Games dapat menyebabkan kecanduan sama halnya dengan gadget. Menurut WHO, orang yang tergolong pada gaming disorder dan masuk dalam International Classification of Dissease (ICD-11) ditandai dengan gangguan dalam mengontrol waktu bermain game, meningkatnya prioritas dalam bermain game daripada melakukan pekerjaan sehari-hari, serta terus bermain game walau orang tersebut tahu dampak negatifnya.

Apa bahayanya?

Penggunaan gadget berlebih akan menyebabkan perubahan secara fisik dan psikologis terhadap tubuh. Efek penting dari penggunaan gawai secara berlebih yaitu:

  • Insomnia

Kebiasaan terlalu sering mengecek gadget sebelum tidur menyebabkan melatonin, zat kimia dalam  tubuh yang memainkan peran penting dalam siklus tidur-bangun alami menjadi terganggu. Melatonin menafsirkan cahaya dan kegelapan lalu mengirimkan sinyal ke tubuh pada waktu malam untuk tidur. Penggunaan telepon pada malam hari membingungkan melatonin yang mengakibatkan insomnia.

  • Gangguan cemas

Pada orang-orang yang sudah sangat tergantung pada gadget dan tidak bisa terlepas darinya akan menyebabkan kecemasan dan stres karena gelisah jika tidak ada gadget disampingnya.

  • Mengabaikan waktu bersama keluarga dan teman

Walau kemajuan tekhnologi yang ditawarkan dapat membuat komunikasi orang yang jauh menjadi dekat, terkadang orang terlalu fokus pada gawainya hingga melupakan sekitar dan bahkan keluarga.

  • Gampang emosi

Kecanduan dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan masalah lain termasuk gangguan emosi.

  • Kelainan postur tubuh dan mata

Hal ini terjadi karena kebiasaan seseorang yang terus menerus menggunakan gadgetnya dengan posisi yang salah dan dalam waktu yang lama.

  • Kecelakaan

Penggunaan gadget meningkatkan terjadinya kecelakaan mobil di seluruh dunia. Peneliti menemukan bahwa chatting sambil mengemudi sama bahayanya dengan mengemudi sambil mabuk.

Tips mengurangi ketergantungan

Berikut ini tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi kebiasaan terlalu banyak menggunakan gadget

  • Gunakan seminimal mungkin, kalau perlu atur waktu penggunaannya
  • Tidak menggunakannya ketika sedang berjalan apalagi berkendara
  • Tidak menggunakannya ketika sedang mengikuti acara bersama keluarga atau teman
  • Jangan memberikan gadget pada anak-anak dibawah umur
  • Temui dokter atau psikolog jika sudah terjadi kecanduan dan sulit untuk mengontrolnya (ITA)

Sumber:

  1. WHO, 2018. Gaming Disorder. int/features/qa/gaming-disorder/en/ [10 September 2018]
  2. Bhattacharyya, R. 2015. Addiction to Modern Gadgets and Technologies Across Generations. Estern Journal of Psychiatry July-December 2015. org/index.php/about/article/download/42/37 [13 September 2018]
  3. Behera, S. 2014. Gadget Addiction-Are you addicted to Your Smartophone/Tablet?. https://online-therapy.com/blog/gadget-addiction-smartphone-tablet/ [13 September 2018]
  4. Kaur, D. 2017. Gadget Addiction. https://continentalhospitals.com/ blog/gadget-addiction/ [13 September 2018]

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store