Tipe-Tipe Demam

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

111

Demam terjadi ketika tingginya suhu tubuh dari variasi suhu normal sehari-hari yang berhubungan dengan peningkatan titik patokan suhu di hipotalamus, otak. Suhu tubuh normal berkisar antara 36,5-37,2°C, namun hal ini dapat bervariasi dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti makan, olahraga, tidur, dan jam berapa saat itu. Suhu tubuh kita biasanya paling tinggi sekitar jam 6 sore dan pada titik terendah sekitar jam 3 pagi. Derajat suhu yang dapat dikatakan demam adalah temperatur dari anus ≥38,0°C atau temperatur dalam mulut ≥37,5°C atau temperatur dari ketiak ≥37,2°C.

Demam, adalah salah satu cara sistem kekebalan tubuh kita mencoba untuk memerangi infeksi. Biasanya, peningkatan suhu tubuh membantu individu menyelesaikan infeksi. Namun, kadang-kadang mungkin meningkat terlalu tinggi, dalam hal ini, demam bisa serius dan menyebabkan komplikasi.

Demam terdiri atas beberapa tipe. Apa saja tipe-tipe demam tersebut? Berikut penjelasannya:

Tipe-tipe demam

Tipe-tipe demam berdasarkan referensi: Nelwan, R.H., 2009: Demand an Tipe Pendekatan

  1. Demam septik

Pada demam ini, suhu badan berangsur naik ke tingkat yang tinggi sekali pada malam hari dan turun kembali ke tingkat di atas normal pada pagi hari. Demam ini disebabkan oleh infeksi dalam darah.

  1. Demam hektik

Pada demam ini, suhu badan berangsur naik ke tingkat yang tinggi sekali pada malam hari dan turun kembali ke tingkat yang normal pada pagi hari

  1. Demam remiten

Pada demam ini, suhu badan dapat turun setiap hari tetapi tidak pernah mencapai suhu normal

  1. Demam intermiten

Pada demam ini, suhu badan turun ke tingkat yang normal selama beberapa jam dalam satu hari.

  1. Demam kontinyu

Pada demam ini, terdapat variasi suhu sepanjang hari yang tidak berbeda lebih dari satu derajat.

  1. Demam siklik

Pada demam ini, kenaikan suhu badan selama beberapa hari yang diikuti oleh periode bebas demam untuk beberapa hari yang kemudian diikuti oleh kenaikan suhu seperti semula.

Tipe-tipe demam berdasarkan referensi: Debra Rose Wilson, 2018

Demam dapat diklasifikasikan berdasarkan lama demam, kapan demam muncul dan hilang, dan seberapa tinggi suhu demam.

Demam berdasarkan tinggi suhu:

  1. Demam kelas rendah, dari 38,1–39°C
  2. Demam sedang, dari 39,1–40°C
  3. Demam tinggi, dari 40,1-41,1 ° C
  4. Hiperpireksia, di atas 41,1°C

Ketinggian suhu dapat membantu mengindikasikan jenis masalah apa yang menyebabkannya.

Demam berdasarkan lama waktu:

  1. Akut jika berlangsung kurang dari 7 hari
  2. Subakut, jika berlangsung hingga 14 hari
  3. Kronis, jika terus berlanjut selama lebih dari 14 hari
  4. Demam yang ada selama berhari-hari atau berminggu-minggu tanpa penjelasan disebut demam dari asal yang tidak ditentukan (Fevers Of Undetermined Origin /FUO)). (LM)

Referensi

Debra Rose Wilson, C. (2018). Fever: Symptoms, treatments, types, and causes. Retrieved from https://www.medicalnewstoday.com/articles/168266.php

Nelwan, R.H., 2009, Demam: Tipe dan Pendekatan. Dalam: Sudoyo, A.W., Setiyohadi, B., Alwi, I., Simadibrata, M., dan Setiati, S., ed. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Jilid III, Edisi 5, Interna Publishing, Jakarta, hal. 2767-8.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store