Tips Agar Tetap Sehat Saat Menstruasi

55

Saat menstruasi adalah saat yang dirasakan tidak nyaman untuk para wanita. PMS dapat membuat emosi seorang wanita menjadi tidak menentu, mengganggu kehidupan pribadi maupun kehidupan pekerjaan Anda. Kabar gembira untuk para wanita Anda dapat membuat saat menstruasi tidak mengganggu kehidupan Anda.

Berikut tips yang dapat Anda ikuti:

Hindari konsumsi tepung putih, gula dan makanan olahan.

Makanan ini akan memperburuk gejala PMS dan mengganggu periode menstruasi seorang wanita. Meski belum terbukti dengan  menghindari gula dan karbohidrat dapat memperpendek masa menstruasi seseorang namun dengan menghindari gula dan karbohidrat membantu mengurangi kembung dan kram.

Coba diet mediterania

Beberapa wanita yang mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan dan daging tanpa lemak memiliki efek besar pada siklus menstruasi. Diet mediterania adalah rendah sodium, lemak jenuh, dan karbohidrat olahan, yang semuanya menyebabkan tubuh menahan air. Sehingga dengan diet mediterania akan membantu mengatasi masalah-masalah PMS.
Mengkonsumsi makanan tinggi kalium.

Tingkat kalium dalam tubuh yang rendah dapat menyebabkan siklus tidak teratur, gangguan saat menstruasi seperti kram yang menyakitkan, Selama siklus menstruasi dan menjelang siklus menstruasi ada baiknya mengkonsumsi makanan tinggi kalium.

Makanan tinggi kalium seperti pisang, ubi jalar, kacang, yogurt, salmon, dan kismis. Merebus makanan mengurangi kadar kalium dalam makanan. Makanan dengan cara diuap atau dengan cara dipanggang akan mendapatkan manfaat kalium secara penuh.

Meningkatkan dan mempertahankan asupan nutrisi penting lainnya

Makanan kaya asam lemak esensial, kalsium, magnesium, zinc, dan vitamin B, C, dan E merupakan makanan yang ideal dikonsumsi selama menstruasi. Makanan tersebut akan membantu menguatkan dinding pembuluh darah. Besi juga penting untuk pembentukan sel darah merah yang hilang saat menstruasi.

Olahraga secara teratur.

Olahraga ringan yang dilakukan secara teratur dapat menjaga siklus menstruasi tetap teratur. Olahraga akan membuat berat badan menjadi lebih ideal dan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Seseorang yang memiliki kadar lemak yang terlalu banyak dalam tubuh akan mengganggu siklus menstruasi dan menyebabkan gangguan menstruasi lainnya.

Beberapa wanita melaporkan bahwa latihan ringan seperti berenang, jogging, dan berjalan membuat periode menstruasi menjadi lebih pendek dan tidak mengalami gangguan saat menstruasi, saat menstruasi terasa lebih ringan. Lakukan olahraga sekitar 30 menit  5-6 kali per minggu.

Sumber: wikihow