Tips Aman Menggunakan Obat Tetes Mata

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

88

Mata merah, gatal, atau perih, sering membuat orang mengambil jalan pintas dengan membeli obat tetes mata secara bebas. Padahal mungkin saja keluhan pada mata dirasakan berkali-kali dan dalam waktu lama, otomatis jumlah obat mata yang digunakan semakin sering dan banyak.

Sebenarnya masalah yang terjadi pada mata merupakan proses radang. Radang dapat disebabkan infeksi atau reaksi kekebalan tubuh. Untuk mengatasinya, tersedia berbagai pilihan obat mata yang dapat mengatasi proses iritasi dan inflamasi, mulai air mata buatan hingga obat yang mengandung antiinflamasi seperti kortikosteroid.

Kalangan kesehatan mengenal obat itu sebagai obat yang manjur karena dapat mengatasi reaksi inflamasi yang hebat dan sangat mengurangi keluhan. Masalahnya, meski memberikan banyak keuntungan, obat steroid juga memberikan efek samping. Misalnya saja penggunaan obat itu dapat menurunkan daya tahan tubuh, membuat tulang keropos dan menimbulkan banyak kerusakan organ.

Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika menggunakan obat tetes mata :

  1. Bersihkan tangan sebelum meneteskan obat
  2. Berdiri atau duduk di depan kaca
  3. Miringkan kepala kearah belakang dan secara perlahan tarik bagian bawah bola mata untuk menteskan obat mata. Usahakan agar bagian dari tempat obat tidak mengenai mata, bulu atau kelopak mata.
  4. Berkediplah beberapa kali. Hal ini untuk membantu obat menyebar ke selutuh bagian permukaan mata.
  5. Bersihkan cairan yang tersisa dan tidak masuk ke dalam bola mata
  6. Jika Anda diberikan lebih dari satu obat tetes mata atau perlu meneteskan kembali, tunggulah beberpa menit sebelum meneteskan kembali. Hal itu memberi waktu tetesan pertama beredar di bola mata dan dapat membersihkan cairan yang tersisa dan tidak masuk ke dalam bola mata
  7. Jika Anda diberikan lebih dari satu obat tetes mata atau perlu meneteskan kembali, tunggulah beberpa menit sebelum meneteskan kembali. Hal itu memberi waktu tetesan pertama beredar di bola mata dan dapateaksi dengan baik

Beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang obat tetes mata :

  1. Obat tetes mata memiliki komposisi steril sebelum tutup botol dibuka, yang harus diperhatikan adalah:
  • Simpan kemasan obat di tempat yang dingin dan gelap
  • Hindari bagian ujung tempat obat (bagian yang berfungsi meneteskan obat) meyentuh mata, jari atau permukaan lain. Hal itu untuk mencegah kontaminasi bakteri.
  1. Jangan menggunakan obat tetes mata milik orang lain dan jangan berikan obat yang Anda gunakan untuk orang lain. Hal itu untuk nenghindari penularan infeksi.
  2. Buang obat tersebut setelah waktu penggunaan berakhir. Keterangan masa kadaluarsa tertera di dalam kemasan dan biasanya berkisar 4 minggu setelah tutup dibuka. Sebaiknya tanggal saat dibukanya botol ditulis dalam kemasan botol agar waktu kadaluarsa tidak terlewat.
  3. Mungkin Anda merasakan rasa lain di lidah setelah menggunakan obat tetes mata, atau terasa ada aliran yang melewati kerogkongan. Hal itu biasa terjadi dan tidak perlu khawatir.
  4. Bagi beberapa orang, mungkin saja timbul reaksi alergi. Gejalanya mata terasa gatal, kemerahan bertambah, atau mata terasa nyeri. Jika hal itu terjadi, segera hubungi dokter.
  5. Sebaliknya tidak menggunakanlensa kontak saat menggunakan obat tetes mata. Beberapa jenis obat dapat terkumpul di lensa kontak dan menimbulkan efek samping.

Ingat, jangan menggunakan obat tetes mata tanpa petunjuk atau resep dari dokter. (EDA)

Sumber :

  • Ibrahim G. Hati-hati Gunakan Obat Tetes Mata. Majalah Kesehatan Keluarga Dokter Kita. Edisi 1 Thn IV. 2009

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store