TIPS ANTI-BOSAN DI RUMAH SAAT WABAH COVID-19

33

Wabah virus corona (COVID-19) sangat berdampak dalam berbagai hal. Seluruh masyaraka diharuskan untuk menjaga jarak fisik satu dengan yang lain untuk mencegah dan menekan laju penularan virus ini. Hampir sebagian besar orang diwajibkan untuk melakukan segala aktivitas baik pekerjaan maupun sekolah di rumah. Isolasi diri sendiri di rumah tentunya membuat sebagian orang menjadi bosan dan ini mungkin dapat mempengaruhi kesehatan mereka. Untuk Anda sudah melakukan jaga jarak sosial selama berminggu-minggu atau mungkin baru saja melakukan isolasi diri di rumah tetap tenang dan lakukan hal-hal berikut untuk mencegah kebosanan saat di rumah.

  1. Berpenampilan menarik meski di rumah

Dalam situasi saat ini Anda mungkin hanya menggunakan baju rumah atau mungkin baju tidur yang nyaman. Ini mungkin berpengaruh terhadap produktivitas Anda saat di rumah seperti menyebabkan rasa malas untuk melakukan aktivitas lain. Cobalah untuk berpenampilan menarik, tidak perlu menggunakan baju yang formal. Anda mungkin dapat melakukan sedikit riasan di wajah atau mengenakan baju seperti saat Anda ingin bekerja.

  • Tata ruang untuk bekerja di rumah

Cobalah untuk membuat ruang kerja Anda nyaman dengan kursi yang bisa Anda duduki selama delapan jam sehari. Anda mungkin bisa melakukan dekorasi di salah satu ruang di rumah Anda.

  • Lakukan aktivitas yang Anda suka

Jaga pikiran Anda untuk tetap aktif. Anda dapat melakukan berbagai hal yang Anda sukai speerti membaca, menulis, bermain game, menggambar atau melukis, memasak atau mungkin melakukan olahraga yang Anda sukai. Ini dapat membantu pikiran Anda tetap tenang dalam situasi saat ini.

  • Mencoba hal baru

Lakukan rutinitas baru yang positif dan menarik. Anda dapat melakukan hal yang belum pernah dilakukan seperti memasak, menonton program TV atau film, berolahraga, dan lain sebagainya.

  • Cobalah melakukan pola hidup sehat

Jika Anda seorang karyawan kantoran, pengusaha mandiri, atau seseorang yang sangat sibuk melakukan aktivitas di luar rumah, ini saatnya untuk Anda mencoba hal yang mungkin sulit diterapkan selama ini. Kebanyakan orang yang sibuk dengan pekerjaannya sering melupakan untuk menerapkan pola hidup yang sehat. Padahal dengan menjaga kesehatan Anda bisa mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan akan membuat diri Anda menjadi lebih produktif.

Disaat pandemi Corona ini cobalah untuk makan makanan yang sehat dan seimbang, minum cukup air dan berolahraga secara teratur. Hindari merokok atau narkoba, dan cobalah untuk tidak minum alkohol terlalu banyak. Anda dapat melakukan aktivitas di rumah Anda, sendirian atau bersama anggota keluarga Anda dengan olahraga seperti berjalan, berlari, atau bersepeda di halaman rumah Anda. Tetapi tetap jaga jarak Anda 2 meter dengan orang lain.

  • Tetap terhubung dengan orang lain

Menjaga jarak fisik bukan berarti memutuskan hubungan pertemanan atau persaudaraan di antara Anda. Anda dapat melakukan hal lain untuk tetap terhubung dengan orang lain baik keluarga, teman kerja ataupun sahabat Anda seperti melakukan video call, telepon atau menggunakan media sosial yang ada. Banyak orang merasa situasi saat ini sulit dan membuat mereka merasa kesepian, jadi tetap berhubungan dapat membantu mereka juga.

  • Jangan terpaku pada berita

Cobalah untuk membatasi waktu yang Anda habiskan untuk menonton, membaca atau mendengarkan berita tentang wabah COVID-19, termasuk di media sosial. Tetap berpikiran positif dan lakukan hal-hal lain yang menarik atau mungkin fokus pada hobi Anda.

Melakukan segala aktivitas di rumah mungkin sulit, tetapi Anda membantu melindungi diri sendiri dan orang. Tetap tenang dan hilangkan rasa kecemasan terhadap situasi saat ini. Tanamkan di pikiran Anda bahwa situasi ini hanya sementara dan akan berlalu dan tetap terapkan langkah pencegahan lain seperti mencuci tangan dengan rutin, jangan memegang mulut, hidung dan mata sebelum mencuci tangan dan jaga daya tahan tubuh Anda dengan melakukan pola hidup sehat. (PP/PK)

Referensi: