TIPS ATASI NYERI OTOT

22

Banyak hal yang bisa menyebabkan nyeri otot, misalnya saja Anda baru memulai olaharaga lagi setelah sekian lama, mengangkat barang yang berat, atau tidak melakukan pemanasan dan pendinginan saat berolahraga. Namun, terkadang pemanasan yang berlebihan juga dapat menyebabkan otot terasa sakit dan pegal.

Bagi Anda yang tidak mau langsung menggunakan obat-obatan, Anda bisa mengatasi nyeri otot dengan beberapa tips berikut ini, yaitu:

  1. Makan nanas

Kandungan bromelain pada nanas memiliki manfaat antiinflamasi atau antiradang. Kandungan bromelain ini bentuknya mirip dengan kandungan pada obat antiinflamasi seperti parasetamol, asam mefenamat, atau obat antinyeri dan antiradang lain yang dijual bebas di apotek. Suplemen yang mengandung bromelain juga dapat dibeli di apotek.

  • Kompres air dingin

Kompres air dingin adalah cara tercepat dan paling mudah dalam mengatasi nyeri otot. Hal ini terjadi karena kompres air dingin bisa mengecilkan pembengkakan yang terjadi pada otot yang cedera atau terluka. Meski demikian, jangan langsung mengompres bagian otot yang terluka dengan es batu, tapi balutlah es dengan handuk supaya kulit tidak iritasi.

  • Minum kafein

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa meminum kopi sekitar 2 cangkir dapat membantu mengobati nyeri otot. Hal tersebut dikarenakan kafein menghalangi adenosin, bahan kimia yang keluar saat merespon rasa sakit dari nyeri otot. Selain itu, kafein dapat melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah dapat menjadi lebih lancar.

  • Kreatina

Salah satu suplemen yang direkomendasikan untuk mengatasi nyeri otot adalah kreatina. Kreatina adalah asam amino yang bertugas menyalurkan energi ke sel-sel tubuh, terutama bagian otot. Lebih banyak kreatina di dalam tubuh berarti lebih banyak energi untuk membangun dan memperbaiki otot-otot yang sakit.

  • Garam Epsom

Kandungan utama garam epsom adalah magnesium yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan sebagai penenang otot secara alami. Jika garam ini dimasukkan ke dalam bak mandi atau kompresan, maka hal ini jauh lebih efektif karena langsung menyerap pada kulit. Karena itu, garam epsom baik untuk mengatasi nyeri otot.

  • Yoga dan meditasi

Yoga dan meditasi dapat membuat otot lebih lentur dan mencegah cedera. Hal ini dapat membantu mengobati nyeri otot karena gerakan-gerakannya yang membuat otot lebih kuat. Lakukan olahraga ini rutin setidaknya seminggu sekali agar otot terus terlatih dan mencegah cedera.

Apabila dengan tips diatas tidak memberikan perubahan dan tidak dapat mengatasi rasa nyeri yang dialami, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang lebih tepat. (RD/STE)

Sumber:

  1. Quick fixes for sore muscles. 2018. Available at https://www.everydayhealth.com/fitness/quick-fixes-for-sore-muscles.aspx
  2. 8 unconventional ways to treat sore muscles. Available at https://www.shape.com/lifestyle/mind-and-body/6-unconventional-ways-treat-sore-muscles