Tips Atasi Sakit Maag Saat Berpuasa

10

Menjalani puasa saat kondisi sakit maag pasti menjadi hal yang tidak menyenangkan. Bukan hanya perasaan tidak nyaman yang didapat, namun ibadah dan aktivitas sehari-hari lainnya pun jadi ikut terganggu. Berikut ini tips untuk mengatasi sakit maag saat berpuasa, yaitu:

  1. Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Saat berpuasa, Anda perlu memilih makanan yang bisa mencegah timbulnya sakit maag. Hindari makanan yang dapat mencetuskan naiknya asam lambung seperti makanan yang pedas, asam, berlemak (gorengan dan santan), coklat, minuman bersoda, dan kopi.

Saat sahur, usahakan untuk makan lauk dengan sayuran hijau seperti brokoli, kacang hijau, seledri, kol, atau bayam. Sayuran tersebut rendah akan kandungan asam, sehingga akan meredakan kondisi refluks di perut. Saat berbuka puasa, Anda bisa mengonsumsi minuman jahe hangat. Sifat antiradang alami yang dimiliki jahe, baik untuk mengatasi masalah asam lambung dan pencernaan lainnya. Selain diseduh, jahe juga bisa dijadikan sebagai bumbu rempah dalam masakan.

Hindari berbuka dengan gorengan dan menu-menu yang menggunakan santan seperti kolak. Hindari pula berbuka dengan buah-buah yang asam seperti jeruk dan mangga. Sebagai alternatif, Anda dapat berbuka dengan kurma, melon, pisang, apel, buah pir, dan semangka.

  1. Makan dan minum obat lebih teratur

Salah satu penyebab sakit maag adalah pola makan dan waktu minum obat yang tidak teratur. Karena itu, usahakan untuk langsung berbuka puasa dengan makanan yang baik untuk asam lambung Anda dan hindari makanan berlemak serta minuman bersoda. Jangan lupa untuk minum obat maag jika Anda mulai merasakan gejala tidak nyaman pada lambung setelah berbuka puasa.

  1. Perhatikan porsi makan

Cara mengatasi sakit maag saat berpuasa adalah dengan memperhatikan porsi makan. Bila Anda langsung menyantap makanan dalam porsi besar, mengandung banyak minyak dan manis, maka hal ini dapat memicu naiknya refluks di lambung. Untuk mencegahnya, ubahlah porsi makan sedikit demi sedikit yang diawali dengan minuman jahe hangat. Kemudian, Anda bisa lanjutkan dengan makanan lain dengan porsi yang meningkat secara perlahan.

  1. Kunyah makanan dengan benar

Sangat dianjurkan untuk makan secara perlahan dan kunyahlah makanan hingga selembut mungkin. Hal ini dapat membantu enzim pencernaan mengolah dan mencerna makanan dengan lebih mudah sehingga mengurangi resiko sakit maag yang Anda alami.

  1. Hindari minum air terlalu banyak dan jangan langsung tidur setelah makan

Bila saat sahur dan berbuka puasa terlalu banyak meminum air, hal ini bisa membuat Anda kembung. Minumlah air setelah beberapa saat Anda makan. Selain itu, janganlah langsung tidur setelah makan sahur maupun berbuka. Hal ini hanya akan memicu refluks asam lambung naik ke kerongkongan bersamaan dengan makanan yang Anda konsumsi. (RD)

Sumber:

  1. Exercise-Induced GERD: What to Do About It. 2018. Available at https://www.everydayhealth.com/gerd/best-exercises-to-beat-heartburn.aspx
  2. 10 Ways to Prevent GERD. 2016. Available at https://www.everydayhealth.com/gerd/preventing.aspx

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store