Tips Awet Muda Dengan Pola Makan Sehat

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

249

Proses penuaan adalah proses yang akan dialami setiap manusia dimana semua struktur dan fungsi tubuh mengalami penurunan fungsi.  Gaya hidup tidak sehat seperti kurang olahraga, kurang istirahat, dan konsumsi banyak kalori menjadi pemicu penuaan dini. Namun, hal tersebut dapat dicegah dengan menjalankan pola hidup sehat seperti berolahraga, istirahat yang cukup, dan mengonsumsi makanan kaya antioksidan yang dapat memperlambat laju penuaan dini.

Salah satu cara mencegah penuaan dini adalah dengan memasukkan antioksidan ke dalam tubuh. Antioksidan adalah senyawa yang dapat menetralkan radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil hasil proses kimiawi tubuh seperti asap rokok, maupun radiasi sinar matahari yang dapat menyebabkan penuaan dini. Antioksidan dapat berasal dari vitamin C, vitamin E, vitamin A dan mineral Selenium.

Nah, berikut ini tips untuk mendapatkan antioksidan.

  1. Perbanyak Sayuran dan Buah

Sebagian sayuran dan buah merupakan sumber vitamin A, C, E dan Selenium, zat yang terbukti ampuh mangkal radikal bebas. Vitamin A banyak ditemukan dalam sayuran berwarna hijau dan kuning, misalnya wortel dan ubi merah yang kaya betakaroten. Sumber vitamin C adalah sayuran dan buah. Golongan buah yang kaya vitamin C adalah jeruk, kiwi, jambu biji, nanas, mangga, papaya, dan stroberi. Sedangkan sayuran sumber vitamin C adalah cabe, bayam, brokoli, daun melinjo, daun katuk, daun singkong, dan daun kelor. Sumber vitamin E yaitu alpukat, kacang-kacangan, biji bunga matahari, minyak wijen, ubi, tomat, kacang almond, kacang tanah, selai kacang, jagung, dan sayuran hijau. Mineral selenium banyak terdapat dalam ikan tuna, hati, brokoli, tomat, bawang, beras merah, hati kambing, hari ayam, tiram, salmon, telur bebek dan air jeruk.

  1. Hindari Lemak Berlebihan

Konsumsi lemak berlebih mejadi salah satu pemicu penuaan dini. Gunakan lemak yang baik seperti lemak dari biji bunga matahari, minyak zaitun, minyak kanola, dan minyak dari kacang-kacangan. Lemak tersebut kaya dengan lemak essensial seperti omega 3 yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

  1. Batasi sumber karbohidrat

Sumber karbohidrat sebaiknya yang memiliki indeks glikemik rendah. Beras merah, ubi-ubian dan kentang dapat menjadi pilihan karena indeks indeks glikemiknya rendah sehingga tidak cepat menaikkan gula darah. Hindari gula pasir, sirup, minuman bersoda, minuman berakohol, tepung, kue kering manis, dan pasta italia karena cepat menaikkan gula darah.

Ternyata tidak sulit bukan mencegah penuaan dini? Selain untuk menjaga penampilan Anda, juga dapat memelihara kesehatan Anda sehingga tetap bisa aktif hingga hari tua (EDA)

Sumber :

  1. Torun PL, et all. Anti-Aging Diet Untuk Hidup Yang Lebih Baik. https://prasetya.ub.ac.id/berita/ORMAGIKA-UB–Anti-Aging-Diet-untuk-Hidup-Yang-Lebih-Baik-11394-id.pdf
  2. Ardhie AM. Radikal Bebas dan Peran Antioksidan Dalam Mencegah Penuaan. Mediscus Scientic Journal of Pharmaceutical Development and Medical Application. Januari 2015.
  3. Sutomo B. Awet Muda Dengan Pola Makan Sehat. Majalah Ksehatan Keluarga DOkter Kita. Edisi 01 Thn III, Januari 2008

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store