TIPS BEKERJA NYAMAN SAAT DI RUMAH

61

Di tengah wabah penyakit COVID-19, kebanyakan orang melakukan segala aktivitas dan pekerjaan mereka di rumah. Meskipun Anda sedang menjalani aktivitas work from home, ada baiknya juga jika Anda memperhatikan kesehatan Anda saat bekerja. Berikut tips untuk Anda agar tetap nyaman saat melakukan pekerjaan di rumah:

  1. Sesuaikan ketinggian kursi dan meja

Atur posisi kursi agak tinggi dan pastikan jika kedua tangan kamu saat mengetik berada di posisi yang sejajar dengan komputer atau laptop yang digunakan. Pastikan lengan Anda menyentuh meja sehingga dapat membuat Anda nyaman saat bekerja. Siku Anda harus berada di samping tubuh Anda sehingga lengan Anda membentuk L-shape.

  • Atur posisi duduk yang benar

Duduklah dengan punggung tegak lurus, Anda dapat menggunakan handuk kecil yang digulung atau gulungan lumbar untuk membantu menjaga lekuk normal di punggung Anda. Pastikan bagian bokong menyentuh bagian belakang kursi Anda. Hindari juga posisi membungkuk. Letakkan kaki Anda hingga menyentuh lantai, jika tidak sesuai gunakan sandaran kaki seperti bangku kecil untuk menopang kaki Anda. Hindari menyilangkan kaki saat duduk di kursi karena posisi ini dapat menimbulkan nyeri punggung.

  • Sesuaikan posisi tubuh dengan komputer

Apabila Anda sering bekerja di depan komputer atau laptop, usahakan layar sejajar dengan mata Anda. Jika terlalu tinggi atau rendah, Anda harus menundukkan leher. Hal ini bisa membuat leher menjadi sakit. Jarak mata dengan layar monitor juga harus diperhatikan. Atur jarak antara mata dengan layar monitor antara 50 cm – 100 cm.

Jika Anda memakai mouse komputer, jangan lupa gunakan alas mouse yang ada bantalan untuk pergelangan tangan. Bantalan mouse dapat membantu menghindari penekukan pada pergelangan tangan Anda.

  • Hindari duduk terlalu lama

Jangan duduk dalam posisi yang sama terlalu lama. Pastikan Anda mengubah postur sesering mungkin. Anda juga dapat melakukan peregangan selama 3 hingga 5 menit setiap 1 jam.

  • Atur waktu saat bekerja

Jumlah jam kerja yang dianggap normal dan masih dalam batas wajar adalah sekitar 40 jam per minggu. Hindari bekerja lembur terlalu sering, ini dapat menyebabkan masalah terhadap kesehatan Anda. Jika kesehatan Anda terganggu maka produktivitas kerja Anda juga akan berkurang. Buatlah rencana kerja harian untuk menghindari pekerjaan yang menumpuk. Lakukan pekerjaan Anda lebih awal lebih baik daripada membuatnya menumpuk dan membuat pikiran Anda menjadi berat akan pekerjaan Anda.

Selain memperhatikan posisi saat bekerja pastikan juga Anda mendapatkan nutrisi yang baik untuk tubuh Anda. Konsumsi makanan yang mengandung zat gizi seperti protein, karbohidrat,  sayur dan buah untuk membuat Anda tetap berenergi saat bekerja. (PP)

Referensi:

  • NHS. 2019. How to sit at your desk correctly.
  • Medical News Today. 2019. An 8-hour work week could be ideal for mental health.
  • Cleveland Clinic. 2019. Back Health and Posture.